in

Tiba di Bangkok, Timnas Langsung Latihan

Hari Ini Jalani Ofisial Training 

Tim nasional Indonesia sudah mendarat di Bangkok, Thailand, sore kemarin (15/12). Lewat pejalanan udara selama tiga jam, Boaz Solossa dan kawan-kawan yang tiba di Bandara Internasional Suvarnabhumi, Bangkok, itu terlihat kelelahan. Mata sejumlah pemain juga terlihat membengkak akibat masih menahan rasa kantuk. 

Maklum, beberapa jam sebelumnya, skuat Garuda—julukan Timnas—baru saja menjalani pertandingan ekstra penting, mengalahkan Thailand 2-1 di first leg final Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, dua hari lalu.

Meski begitu, sang pelatih, Alfred Riedl tetap saja memberikan program latihan kepada para pemain beberapa saat setelah tiba di hotel tempat Timnas menginap. Latihan ringan seperti stretching selama 15 menit, langsung diterapkan Riedl kepada para penggawanya.

“Tadi malam (kemarin, red) para pemain utama kami baru saja menjalani pertandingan yang sangat melelahkan. Dan, wajib bagi mereka untuk latihan ringan, agar asam laktat dalam otot mereka bisa terbuang,” ujar Riedl. 

Menurut pelatih asal Austria itu, program latihan tersebut sangat penting, terutama bagi pemain yang menjalani pertandingan melawan Thailand tersebut.

Sementara mereka yang tidak mendapat jatah bermain pun tetap harus menjalani program itu. “Setidaknya semua pemain harus bisa segera beradaptasi dengan cuaca di sini,” papar Riedl. 

Kendati baru melewati perjalanan yang sangat melelahkan, semua pemain terlihat sangat menikmati latihan ringan itu. Tak sedikit pun terlihat ekspresi ketegangan di antara penggawa Garuda. Manahati Lestusen dan Ferdinand Sinaga yang doyan melempar candaan menggelikan, ikut menyegarkan suasana latihan. 

Salah satu penggawa Timnas, Abduh Lestaluhu mengatakan, program latihan yang diberikan Riedl adalah ritual wajib pasca bertanding. Dan itu sangat membantu mempercepat recovery pemain. “Setidaknya otot kami tidak mengalami stres. Apalagi, dua hari lagi kami sudah harus bertanding,” tutur pemain PS TNI itu.

Immanuel Manulang, fisioterapis Timnas menambahkan, para pemain sejatinya sudah mendapat penanganan khusus setelah pertandingan melawan Thailand, 14 Desember lalu itu. Salah satunya dengan diberikan ice compress kepada para pemain.

“Tapi, proses recovery akan semakin bagus bila dilengkapin dengan stretching ringan seperti tadi,” jelas Immanuel. Hari ini, Boaz Solossa dan kawan-kawan berencana untuk menjalani ofisial training di Stadion Rajamangala, Bangkok.

Hal itu adalah salah satu persiapan resmi Timnas jelang pertandingan second leg final Piala AFF 2016 melawan tuan rumah Thailand. Dalam laga besok, Indonesia hanya membutuhkan hasil imbang untuk bisa mengamankan gelar juara. (*)

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

[Update 2016] Catat! 34+ Tempat Wisata Kuliner Jogja Paling Diburu Banyak Penikmat Perjalanan

Festival Ekonomi dan Budaya Serumpun