in

Tiongkok Minta Kanada Bebaskan Petinggi Huawei

BEIJING – Tiongkok kembali meminta Kanada untuk membebaskan Chief Financial Officer Huawei, Meng Wanzhou, yang ditahan sejak tahun lalu. “Tekad pemerintah Tiongkok untuk melindungi warga negara adalah tegas dan tidak tergoyahkan,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Geng Shuang, dikutip dari Reuters, Senin (20/1).

Ditambahkan oleh Geng bahwa kasus Meng dinilai sebagai kasus politik yang serius. Meng dijadwalkan mengikuti sidang fase pertama ekstradisi di Vancouver, Senin (20/1) waktu setempat.

Meng ditangkap di Bandara Internasional Vancouver, Kanada, pada 1 Desember 2018 atas permintaan Amerika Serikat. Anak dari pendiri Huawei Ren Zhengfei ini dituduh melakukan penipuan terhadap bank HSBC tentang bisnis Huawei Technologies di Iran.

Meng menyatakan dirinya tidak bersalah dan AS berusaha mengekstradisi Meng agar bisa diadili di Amerika.

Penangkapan Meng menimbulkan kemarahan pemerintah Tiongkok. Beijing kemudian membalasnya dengan menangkap dua warga negara Kanada, Michael Kovrig dan Michael Spavor, karena masalah keamanan negara. Pengamat politik internasional menilai penangkapan Kovrig dan Spavor adalah aksi balas dendam dari penahanan Meng. Ant/ils

 

 

What do you think?

Written by Julliana Elora

Ular Berkeliaran Meneror Warga Payakumbuh

HABBATUSSAUDA DALAM BODY CARE? KENAPA ENGGAK