in

Trik Menemukan Passion di Dunia Kerja

Bekerja adalah kegiatan rutin yang dilakukan hampir setiap hari. Bagi sebagian orang, bekerja menjadi suatu beban tersendiri lantaran tidak dilakukan sesuai renjana (passion). Sesuatu yang dikerjakan dengan sepenuh hati tentu tidak sama hasilnya dengan sesuatu yang dikerjakan secara asal-asalan. Itu sebabnya banyak orang berjuang mencari passion di dunia kerja.

Begitu passion didapat, pekerjaan pun dilakukan dengan senang hati, dan tak dianggap sebagai beban. Hasilnya, tentu saja lebih maksimal dibandingkan bila dikerjakan setengah hati. Ada beberapa cara menemukan renjana agar rutinitas bekerja tak lagi dirasakan sebagai kegiatan menjemukan, melainkan aktivitas menyenangkan. Semangat bekerja, layaknya melakoni hobi, seperti yang dilansir dari CNN Indonesia.

1. Tanya Diri Sendiri

Ada banyak pekerjaan di dunia ini. Namun pertanyaan kuncinya adalah: pekerjaan apa yang tepat bagi Anda? Hal pertama yang harus dilakukan adalah menanyakan diri sendiri kemampuan dan apa yang membuat Anda bersemangat dalam melakukan sesuatu. Ada baiknya membuat daftar kemampuan Anda dalam melakukan sesuatu, entah mahir berinteraksi dengan orang lain, mampu membuat perencanaan, senang melakukan kegiatan kreatif, atau sebagainya.

2. Temukan Apa yang Disuka

Ada baiknya membuat daftar setidaknya sepuluh hal yang gemar dilakukan di kala senggang. Namun ini tidak termasuk berbelanja. Membuat daftar seperti membaca, melukis, dan sebagainya akan membuat Anda lebih mengerti jenis kegiatan tertentu yang disuka. Sehingga ini akan membuat Anda lebih mudah menemukan pekerjaan yang cocok.

3. Jangan Terpengaruh Pendapat Orang

Orang lain akan selalu dapat berpendapat mengenai apa yang Anda lakukan. Entah itu mendukung, menolak, atau menyangsikan. Hal ini pernah dialami oleh Putri Tanjung, pendiri Creativepreneur Event Creator yang kerap membuat berbagai acara inspiratif untuk anak muda. Putri bercerita bahkan sang ayah, Chairul Tanjung, pernah ragu kegiatan Putri dapat berhasil, mengingat tenggat waktu yang mepet dan keterbatasan dana.

Namun Putri tidak terpengaruh skeptisme dari sang ayah. Ia justru makin terpacu untuk membuktikan kegiatan dan mimpi dia dapat berhasil. Akhirnya, acara ia sukses didatangi 15 ribu orang dan menghasilkan keuntungan Rp1-2 miliar, tanpa bantuan dari sang ayah. “Saya selalu bilang kalau setiap orang punya kesempatan untuk sukses dan berhak bermimpi juga berkarya,” kata Putri saat mengisi acara bincang Wanita Inspiratif di Era Milenial oleh Duta Bangsa di Menara Bank Mega Syariah Kuningan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

4. Ketahui Tujuan Anda

Beragam pekerjaan yang tersedia tidak akan bermakna bila Anda tidak memiliki tujuan dalam hidup. Tujuan ini bisa beragam, mulai dari mimpi untuk membahagiakan orang tua, hingga bercita-cita memberikan manfaat bagi bangsa. Namun tujuan dalam hidup ini perlu didefinisikan secara lebih konkret berupa pekerjaan atau tindakan yang ingin dicapai. Kalau perlu, buat lebih detail hingga kegiatan, capaian materi, lokasi, hingga gapaian pendidikan.

Salah satu tindakan lain yang dapat mendukung mencari tujuan hidup ini adalah mengetahui ‘modal’ yang Anda miliki. ‘Modal’ ini dapat berupa tingkat pendidikan, pengalaman, dan sejenisnya. Pengetahuan tersebut kemudian dapat dikaji apakah dapat membantu pekerjaan Anda nantinya atau tidak.

5. Cari yang Lebih Ahli

Selalu belajar dengan pihak yang lebih ahli adalah suatu ciri orang maju. Jangan pernah ragu untuk mencari dan belajar dari mereka yang anda anggap lebih berpengalaman dan mahir dibanding diri anda sendiri. Berbagai pengalaman dan mungkin sedikit bantuan dari mereka akan sangat berarti bagi Anda yang masih mencari renjana dan tujuan dalam hidup.

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Gubernur Sumbar Imbau Warga Tak Jual-Beli Atribut Natal

WTO Menangkan Gugatan AS dan New Zealand kepada Indonesia