in

USM – Indonesia Perangi Plagiarisme Melalui Research Camp

Rektor USM Indonesia Dr Ivan Elisabeth Purba, MKes bersama para narasumber di acara Program Research Camp. ( Berita Sore/ist )

MEDAN (Berita) : Guna memerangi plagiarisme di lingkungan perguruan tinggi, Universitas Sari Mutiara (USM)-Indonesia menggelar kegiatan Research Camp selama tiga hari Jumat-Minggu (2-4/3). Kegiatan tersebut bertemakan Perangi Plagiarisme Melalui Publikasi Ilmiah yang Berkualitas.

Rektor USM-Indonesia Dr. Ivan Elisabeth Purba, MKes me­ngatakan, menyusun tugas akhir dalam rangka pe­nye­lesaian studi harus dilakukan oleh setiap mahasiswa prog­ram pascasarjana jenjang magister maupun doktor. Namun, di sisi lain pemerintah terus mengeluarkan peraturan baru untuk penyempurnaan penulisan tesis/disertasi.

“Salah satunya adalah Permenristek Dikti No 44 Tahun 2015 yang dikeluarkan pada 21 Desember 2015 yang men­sya­ratkan setiap magister atau doktor harus memiliki artikel yang telah dipublikasi di jurnal bereputasi,” katanya, Selasa Kemarin.

Belum lagi plagiarisme yang marak terjadi di lingkungan pergu­ruan tinggi, yang bila dilakukan akan melibatkan bukan hanya pelaku, namun juga penanggung jawab perguruan tinggi.

“Untuk itu dirasa perlu diadakan rangkaian kegiatan yang dapat membantu mahasiswa Pascasarjana USM-Indonesia. Sehingga, dalam penyelesaian tugas akhir mereka, mulai dari menemukan jurnal terindeks yang dapat dipakai sebagai referensi tesis atau disertasinya, menulis hingga mempu­blika­sikan hasil penelitiannya dengan menghindari plagia­risme,” ungkapnya.

Kegiatan tersebut, lanjutnya, wujud kepedulian USM- Indonesia Medan kepada mahasiswa. Kemudian, ini menjadi ajang peningkatan pengetahuan dan pertukaran informasi mutakhir bagi mahasiswa tingkat akhir dan dosen pembimbing di lingkungan Direktorat Pascasarjana USM-Indonesia Medan. “Serta meningkatkan kepedulian untuk menghargai hasil karya orang lain,” pungkasnya.

Ditambahkannya, instruktur dalam kegiatan tersebut berjumlah delapan orang yang seluruh berasal dari gugus penelitian, pengabdian masyarakat dan publikasi Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) lulusan dari luar negeri. “Pesertanya dari mahasiswa tingkat akhir yang berjumlah 180 orang, dan dosen pembimbing, yang berjumlah 43 dosen di lingkungan Direktorat Pascasarjana USM-Indonesia se­hingga jumlah seluruh peserta adalah 223 orang,” katanya. (aje)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Mega : Keputusan Politik Jangan Hanya Pertimbangkan Aspek Finansial

Purnawirawan TNI Ditemukan tak Bernyawa di Kebun