in

USU Terima 3.415, Unimed 2.153 Mahasiswa

USURektor USU Prof Runtung Sitepu bersama jajaran wakil rektor dan staf di lingkungan perguruan tinggi itu usai mengumumkan hasil SBMPTN 2017, Selasa (13/6). ( Berita Sore/ist )

MEDAN (Berita): Sebanyak 3.415 peserta dinyatakan lulus masuk ke Universitas Sumatera Utara (USU), dan 2.153 peserta diterima di Universitas Negeri Medan (Unimed) dalam hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2017 diumumkan serentak secara nasional pada Selasa (13/6).

“Peserta yang dinyatakan lulus diwajibkan mengikuti pendaftaran ulang dengan tahapan pendafataran dapat diakses pada laman website www.usu.ac.id. Bagi yang tidak mendaftar ulang dinyatakan gugur,” kata Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu di ruang kerjanya, Selasa (13/6).

Disebutkannya, melalui jalur tertulis ini USU menerima 3.415 mahasiswa baru untuk 47 program studi (prodi), termasuk di dalamnya 447 orang mahasiswa Bidikmisi. “Perserta yang mengikuti ujian melalui jalur SBMPTN ini mencapai 72 ribu lebih. Namun diterima hanya sekian persen,” ujarnya. Disebutkannya, sebelumnya melalui jalur SNMPTN USU menerima 2.083 mahasiswa. Dari dua jalur ini jumlah mahasiswa yang diterima sebanyak 5.498 orang.

Rektor mengakui, pendaftar ke USU dari tahun ke tahun jumlahnya terus meningkat. Menurutnya USU menjelma menjadi salah kampus paling diminati di luar Pulau Jawa. Hal ini tidak terlepas dari pencapaian akreditasi A di hampir seluruh prodi. ”Secara keseluruhan S1 hampir semua sudah akreditasi A, hal ini mengantarkan USU masuk delapan besar universitas paling dipilih para calon mahasiswa baru,” katanya.

Rektor mengingatkan, peserta yang gagal masuk USU melalui jalur SBMPTN, dimintanya jangan berputus asa, karena masih ada peluang melalui jalur Mandiri. ”Pendaftarannya sudah dibuka pada 12 Juni hingga 5 Juli 2017. Selanjutnya, ujian dilaksanakan 11 Juli,” katanya.

Secara terpisah Rektor Unimed Prof Dr Syawal Gultom menjelaskan, dari hasil ujian SBMPTN 2017 peserta yang dinyatakan lulus 1.850 orang. “Pengumuman kelulusan SBMPTN tersebut bisa dilihat melalui laman https://pengumuman.sbmptn.or.id,” ujarnya.

Rektor Unimed juga mengingatkan para calon mahasiswa baru yang lulus melalui jalur SBMPTN ini harus mendaftar ulang pada 11 Juli 2017 pukul 09.00 WIB di Gedung Serba Guna Unimed. Sedangkan bagi mahasiswa bidikmisi mendaftar ulang pada 10 Juli 2017 dengan mengisi borang biodata.

“Para peserta yang dinyatakan lulus SBMPTN diwajibkan melakukan registrasi secara online,” kata rektor didampingi Kabag Humas M Surip.

Syawal menuturkan registrasi online dapat dilakukan melalui laman unimed.ac.id. Dia juga meminta calon mahasiswa melakukan registasi online. “Jangan lupa bawa syarat-syarat telah ditentukan Unimed,” ucapnya. Ini lantaran jika calon mahasiswa tidak dapat mendaftar ulang dengan alasan apapun, maka akan dinyatakan gugur. (aje)

What do you think?

Written by virgo

Tol Kualanamu – Sei Rampah, Dibuka Gratis Untuk Mudik

Avanza Terperosok, Satu Keluarga Luka-luka