in

Wako: Pembangunan Miliki Multifungsi 

PARIAMAN, METRO – Wali Kota Pariaman H Genius Umar menyatakan rencana pembangunan gedung serba guna ini memiliki multi fungsi yang antara lain  bisa sebagai tempat penyaluran bakat dan minat dalam bidang olah raga dan seni budaya.

“Sebagai tempat dimana bisa memfasilitasi komunitas-komunitas remaja masa kini, sebagai tempat pengkoordinasian instansi atau lembaga lain yang berkaitan dengan masalah kepemudaan, dan sebagai tempat yang bukan hanya para remaja bisa berekreasi dan bisa menikmati fasilitas yang ada tapi semua lapisan masyarakat Kota Pariaman bisa mempergunakannya,” kata Walikota Genius Umar usai mendengarkan pemaparan dari para konsultan yang datang dari Institut Teknologi Bandung (ITB) tentang perencanaan pembangunan gedung serbaguna Youth Centre, kemarin.

Katanya, ia melakukan diskusi tentang berbagai kebutuhan apa yang harus ada Youth Centre tersebut, seperti pusat kegiatan olah raga, pusat kesenian, pusat anak melakukan berbagai aktifitas, dan bangunannya harus sesuai dengan kebutuhan milenial saat ini.

Dikatakan, penataan ruang dan pertanahan Kota Pariaman menggelar acara rapat koordinasi tentang Perencanaan Pembangunan Gedung Serbaguna Youth Centre Kota Pariaman,  sekaligus mendiskusikan  Rencana Detil Tata Ruang (RDTR) Kota Pariaman.

Genius Umar menyatakan bahwa semua perencanaan pembangunan youth centre ini disusun oleh tim dari ITB tersebut dan hasilnya nanti yang akan menjadi dokument perencanaan Kota Pariaman yang nantinya akan digunakan juga untuk tata tertib tata ruang di Kota Pariaman.

Wali kota juga menuturkan jika selesai nanti pembangunan gedung youth centre akan di bangun di Desa Rawang atau Gor Rawang yang lama yang dilaksanakan pada tahun 2021 nanti.

“Pembicaraan kedua, kita juga mendiskusikan tentang Rencana Detil Tata Ruang (RDTR) Kota Pariaman, dan untuk itu semua lahan yang ada di Kota Pariaman ini kita susun kembali perencanaannya, seperti dimana letak kawasan hijau dan dimana letak kawasan yang boleh dibangun, kemudian berapa jarak bangunan dari jalan, dan berapa jarak bangunan dari sungai dan pantai, dan dari kawasan itu berapa tingkat yang boleh dibangun, jadi semjuanya kita diskusikan bersama untuk mendapatkan hasil yang memuaskan,” tutur Genius Umar.

Rencana Detil Tata Ruang (RDTR) itu sendiri adalah rencana secara terperinci tentang tata ruang wilayah kabupaten/kota yang dilengkapi dengan peraturan zonasi kabupaten/kota. Rencana Pembangunan Gedung  Serbaguna ini di paparkan oleh para Tim Consultan yang datang dari ITB, yang juga dihadiri oleh puluhan Mahasiswa Planologi Fakultas Tekhnik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta Padang, Perencana Youth Centre, Tabe Arsitek, Ketua KNPI Kota Pariaman, Ketua Forum Youth Centre Kota Pariaman, Ketua Karang Taruna Kota Pariaman, Camat dan Kepala OPD yang terkait dengan perencanaan pembangunan ini.(efa)


What do you think?

Written by virgo

Kiai Maruf Jawab Alasan Maju Wapres di Usia Senja

Shalat Jumat Perdana KH Ma’ruf Amin di Istana Wapres, Staf Ikut Kenakan Sarung