in

4 Hal yang Perlu Kamu Persiapkan Sebelum Masuk Jurusan Hubungan Internasional

Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat telah merubah cara pandang serta pola interaksi manusia, lebih jauh proses ini juga telah memberikan dampak terhadap pola interaksi antar bangsa yang semakin terintegrasi. Kebutuhan sumber daya serta kemudahan mobilisasi antar bangsa telah mengubah pola hubungan antar negara menuju tingkat kompleksitas yang lebih tinggi.

Situasi ini menyebabkan studi tentang pentingnya memupuk strategi hubungan antar bangsa menjadi penting dan semakin digemari di era kontemporer ini. Studi Hubungan Internasional menjadi jawaban atas keinginan memperdalam pengetahuan tentang hubungan antar bangsa.

Adapun bagi para pelajar yang tertarik untuk masuk ke jurusan Hubungan Internasional, perlu untuk mempersiapkan beberapa hal dibawah sebelum terjun sebagai mahasiswa Hubungan Internasional.

1. Kemampuan Bahasa Asing

Meskipun tidak ada kewajiban bagi para mahasiswa Hubungan Internasional untuk menguasai bahasa asing, namun alangkah lebih baik apabila kalian mampu menguasai paling tidak satu bahasa asing.

Skill ini akan menjadi modal bagi kalian yang memiliki hasrat untuk melanjutkan karir sebagai diplomat yang tentunya akan ditugaskan ke negara-negara asing. Selain daripada itu, literatur pembelajaran dalam jurusan HI umumnya berbahasa Inggris sehingga kemampuan berbahasa inggris layaknya menjadi sebuah kewajiban bagi para mahasiswa HI. Meskipun begitu mempelajari bahasa asing lain akan memberikan nilai plus bagi kalian.

2. Mencintai Dunia Politik

Mungkin tidak sedikit orang yang belum tahu bahwa ilmu Hubungan Internasional memiliki basis pemikiran ilmu politik. Sehingga materi-materi yang diajarkan hampir selalu memiliki nilai politis.

Oleh karenanya bagi kalian yang memiliki ketertarikan pada ilmu Hubungan Internasional harus terlebih dahulu mencintai dunia politik karena hal tersebut merupakan dasar dari pemikiran HI. Konsep yang diajarkan dalam ilmu HI juga beririsan dengan konsep ilmu politik yang ada seperti realisme, liberalisme, marxisme dan sebagainya.

3. Meningkatkan Daya Analisa

Sudah menjadi rahasia umum apabila strategi suatu bangsa tentu membutuhkan daya analisa yang sangat tinggi. Oleh karenanya sejak masih duduk dibangku kuliah, mahasiswa HI sudah diajarkan untuk selalu menganalisa situasi politik yang sedang hangat diperbincangkan.

“Kamampuan menganalisa yang tepat akan memberikan hasil (kebijakan) yang tepat pula” paling tidak hal tersebut yang membuat daya analisa menjadi hal yang sangat penting dalam studi Hubungan Internasional.

4. Public Speaking

Banyak dari mahasiswa jurusan Hubungan Internasional memiliki mimpi untuk menjadi seorang diplomat yang mampu menjaga kepentingan bangsanya, dalam hal ini seorang diplomat harus memiliki kemampuan public speaking yang mumpuni guna mempertahankan kepentingan negara. Oleh karenanya kemampuan berbicara mahasiswa HI menjadi suatu kewajiban yang tak bisa dikesampingkan.

Meski tidak semua mahasiswa HI bercita-cita sebagai diplomat, namun kemampuan public speaking tetap menjadi modal bagi mahasiswa HI yang seringkali melahirkan para negosiator handal dengan kemampuan berkomunikasi yang juga mumpuni.

kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya,

What do you think?

Written by Julliana Elora

Sinergi BUMN

Mantan itu dikenang atau dibuang?