in

4 Sayuran Unik Yang Hanya Ada di Indonesia Bikin Orang Asing Tercengang

lensaterkini.web.id – Berbicara tentang keragaman, Indonesia bisa jadi rumah yang praktis. Bagaimana tidak, hampir setiap aspek di negeri ini begitu beragam. Tidak terbatas pada budaya dan agama, alam juga demikian. Bahkan saat membahas sifat Indonesia kita tidak akan kehabisan bahan karena banyak bisa diangkat.

Masih berhubungan dengan kekayaan alam Indonesia, katakan saja sedikit tentang sayuran. Ya, percaya atau tidak, ternyata negara kita memiliki beberapa jenis sayuran yang tidak banyak dijumpai di negara lain. Misalnya, genjer. Sayuran ini mungkin murah dan identik dengan filosofi tertentu, tapi unik untuk tanah kita. Cari ke Amerika Anda mungkin tidak mendapatkannya. Tak hanya itu, masih banyak sayuran khas lainnya yang hanya bisa ditemukan di Indonesia.

Genjer yang kini semakin langka

Bagi orang yang pernah tinggal di desa dan merasakan aroma sawah pasti mengenal si jin. Tanaman yang biasanya hidup liar di sawah atau perairan dangkal ini biasa digunakan sebagai makanan pelengkap sebagai sayuran.

Sayuran ini terkenal dengan masyarakat pedesaan yang sering diolah bila tidak ada lagi sayuran yang dipanen. Karena tumbuh liar dan bisa dimakan oleh siapa saja, tanaman genjer biasa disebut “Food of the Poor”.

BACA JUGA : 5 Suka Duka Penjual Sayuran Yang Kamu Abaikan

Seiring dengan perubahan zaman dan perubahan bidang menjadi rumah, genjer menjadi sangat sulit ditemukan. Begitu ada, pasti dipatok dengan harga mahal. Itupun di pasar tradisional. Di pasar modern atau supermarket kota besar malah tak lagi ditemukan sayur. Dan untuk memasaknya cukup mudah. Hanya dengan digoreng, genjer ini siap untuk melengkapi makanan.

Kecipir, si sayur yang sudah jarang dilirik

Saat ini, kacang bersayap masih bisa ditemukan di beberapa pasar tradisional. Hanya saja penampilannya terkadang kurang segar karena jarang tertarik untuk membeli. Selain itu, petani mengolah budidaya sayuran ini. Jadi tanaman ini hanya digunakan sebagai tanaman tumpangsari atau ditanam di halaman pagar. Berkedip sering digunakan tunas, daun dan buah muda sebagai sayuran. Umumnya bersayap bersayap dengan sayuran rebus di pecel, urap-urap dan sayuran lalapan.

Di Indonesia saja, pertumbuhan bersayap tertinggi ada di Papua. Sedangkan di wilayah Sumatera, kenari dikenal dengan sebutan Bean Bottle karena berbentuk oval seperti botol. Di sisi buah membentuk sudut bersayap yang mirip dengan bentuk buah bintang. Satu hal lagi yang membuat sayuran unik ini adalah bentuk bunga yang menyerupai kupu-kupu. Bunganya sendiri berwarna ungu, merah atau biru pucat.

Sayur jantung pisang yang mulai hilang

Tanaman pisang, selain diketahui menghasilkan buah, juga menghasilkan sayuran yang baik bila diolah dengan tepat. Jantung pisang termasuk dalam bagian tanaman selain daun, batang dan buah. Dari bagian pisang inilah anak-anak suka dilahirkan. Karena itu, juga disebut Banana Flower. Ciri khasnya adalah ungu-merah bagian luar.

BACA JUGA : 10 Buah Dan Sayuran Super Besar Yang Menakjubkan di Dunia

Pasarnya hampir langka yang menjual pisang ini, karena satu dan lain hal. Padahal sayuran ini banyak manfaatnya, apalagi untuk menangkal radikal bebas. Jantung pisang mungkin tidak khas di Indonesia, tapi masakan dari bahan ini mungkin hanya Indonesia. Kreatif benar orang-orang ini.

Rebung si anak bambu

Siapa sangka, rebung dihasilkan dari rebung yang tumbuh dari akar. Tapi, rebung yang bisa diolah adalah tunas bambu muda. Tunas bambu memiliki warna kuning dan ada pula yang berwarna putih. Khas rebung adalah baunya yang terutama bila sudah direbus pesing. Untuk menghilangkan bau pesing, rebuslah menggunakan air kelapa. Meski bukan hanya tanah Indonesia yang bisa ditanami bambu, tapi rebung cukup populer bagi kebanyakan orang karena mengandung nutrisi yang baik.

Tekstur rebung setelah camilan membuat orang ketagihan. Namun, rebung bambu yang diolah bisa berbahaya jika diolah dengan cara yang salah. Kandungan sianida bisa menyebabkan keracunan orang. Sendi sianidanya bisa dideteksi dengan rasa pahit setelah mendidih. Bagian keras dari rebung harus segera dipotong dan sebaiknya hindari merebus rebung terus menerus.

Berikut beberapa sayuran khas yang mungkin hanya ada di Indonesia. Terlepas dari harga dan keunikannya, keberadaan jenis sayuran ini adalah sesuatu yang bisa dibanggakan. Mungkin suatu hari beberapa tanaman ini menjadi komoditas ekspor yang banyak diminati. Omong-omong, dari semua jenis di atas, mana yang pernah Anda rasakan?

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
loading…

What do you think?

Written by virgo

Pancuri Ku’eh, Baterai Dicuri Tanki Diisi Air

Minat pencari kerja di Palembang menurun