in ,

5 Makanan yang Mengandung Protein Tinggi dan Berguna untuk Kesehatan Tubuh Anda 

Protein menjadi salah satu nutrisi penting dalam pembentukan juga perbaikan jaringan dalam tubuh. Oleh karenanya, asupan protein baik nabati maupun hewani bagi tubuh Anda harus senantiasa tercukupi. Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi  sebagai solusinya. 

Bisa berupa camilan tinggi protein, sayuran, atau sumber protein hewani. Hal ini dikarenakan, kekurangan protein dapat memengaruhi imun tubuh, hingga munculnya berbagai penyakit lainnya. Bukan hanya itu, tubuh yang kekurangan protein juga akan lemas, rambut menjadi rontok, dan tumbuh kembang pun bisa terhambat. 

5 Rekomendasi Makanan yang Mengandung Protein Tinggi 

Beberapa orang lebih banyak mengetahui sumber protein hewani. Tidak jarang dari masyarakat kita yang awam tentang sumber protein nabati. Dengan begitu, mereka berpikir bahwa makanan yang mengandung protein tinggi selalu mahal. Padahal, ada juga makanan tinggi protein murah yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. 

Berikut ini beberapa makanan yang memiliki kandungan protein tinggi, baik hewani maupun nabati. Anda bisa menjadikannya alternatif olahan untuk dikonsumsi, guna memenuhi kebutuhan protein di dalam tubuh. 

1. Daging Sapi 

Sumber protein yang pertama dan cukup populer ialah daging sapi. Jenis daging sapi yang diyakini mengandung protein tinggi yaitu bagian gandik dan juga sirloin. Jadi, daging sapi tidak hanya mengandung zat besi dan juga zinc saja, ya. Kadar protein yang tinggi juga berperan dalam membentuk masa otot dan menjadi sumber energi. 

Tidak heran jika olahan daging dengan trik memasak tertentu menjadi pilihan menu bagi mereka yang tengah diet dan ingin menambah masa otot. Jika Anda masih bingung bagaimana dan apa olahan daging sapi yang sehat serta nikmat, bisa memesan di steak hotel by Holycow. 

Di sana terdapat menu wagyu sirloin steak dan juga grain-fed sirloin steak. Selain nikmat, dijamin juga sehat dan bermanfaat. 

2. Dada Ayam 

Satu lagi sumber protein hewani yang juga tidak kalah populer dari daging sapi, yakni dada ayam. Selain merupakan makanan yang mengandung protein tinggi, dada ayam juga termasuk makanan tinggi protein rendah lemak. Itulah mengapa banyak menu diet sehat yang memasukkan dada ayam sebagai bahan olahannya. 

Bagi Anda yang ingin mendapatkan asupan protein dari dada ayam dan menghindari lemaknya, bisa mengolah yang tanpa kulit. Dengan konsumsi yang tepat, bahan makanan ini bisa membantu Anda menjaga berat badan, serta menjadi sumber energi pengganti karbohidrat. 

3. Telur 

Bukan hanya daging pada bagian dada, telur dari ayam pun juga memiliki kandungan protein yang tinggi. Terutama pada bagian putih telurnya, sedangkan gabungan dengan bagian kuningnya memberikan Anda kandungan vitamin, mineral, juga lemak tak jenuh. Dalam satu porsi telur, setidaknya mengandung 6,3 protein hewani. 

Tidak heran jika pada beberapa metode diet, menjadikan telur sebagi pengganti karbohidrat untuk menjadi sumber energi tubuh. Dengan pola makan dan menu pendamping yang tepat, Anda akan bisa melihat hasilnya secara nyata. Lemak tubuh terpangkas, masa otot bertambah, energi dan imun tubuh tetap terjaga. 

4. Tempe 

Seperti yang sudah dikatakam sebelumnya, bahwasanya sumber protein tidak hanya hewani saja tetapi juga nabati atau yang berasal dari tumbuhan. Salah satu makanan yang mengandung protein tinggi dan berasal dari tumbuhan ialah tempe. 

Olahan dari kedelai ini bukan hanya mengandung protein tinggi tetapi juga prebiotik. Di mana kandungan tersebut berguna untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah inflamasi. Jadi, untuk bisa mendapatkan asupan nutrisi yang cukup tidak harus selalu mahal, ya. Tempe, murah meriah tetapi memberi nutrisi yang bermanfaat. 

5. Bayam 

Selama ini, jika berbicara mengenai sayuran tentu kandungan vitaminnya yang lebih sering disebutkan. Padahal sayuran juga ada yang memiliki kandungan protein tinggi, lho. Sayuran tersebut salah satunya adalah bayam. Selain mengandung zat besi, bayam juga termasuk dalam makanan yang mengandung protein tinggi

Bukan hanya itu saja, bayam juga memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalium, magnesium, kalsium, dan juga folat. Dari sini kita bisa ketahui bahwasanya sayur bayam kaya akan nutrisi baik yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Jadi, berhenti berpikir jika bayam hanya kaya akan zat besi saja. 

Demikian rekomendasi makanan yang mengandung protein tinggi baik yang berupa sumber protein hewani maupun nabati. Anda bisa menjadikannya referensi bahan makanan untuk menu keluarga di rumah. 

Apabila tidak ingin repot dan ingin merasakan sensasi makan daging steak berkualitas, segera pesan saja menu dari steak hotel by Holycow. Selain rasanya nikmat, harga bersahabat, kandungan nutrisinya terutama protein dari daging sapi berkualitas yang menjadi bahan utama pun sudah pasti tinggi dan bermanfaat. 

What do you think?

Written by Julliana Elora

Santri Meninggal Setelah Terseret Arus Pantai

Sadis! Kelompok Geng Remaja di Lhokseumawe Incar Korban Pakai Senjata Tajam