in

5 Porter Pencuri Paket Kargo di Adisutjipto Ditangkap

YOGYAKARTA – Polisi menangkap lima oknum por­ter pelaku pencurian barang berupa telepon genggam berbagai merek yang akan dikirim melalui paket kargo di Bandara Internasional Adisutjipto, Yogyakarta. Kelima ter­sangka yang berstatus pekerja kontrak itu melakukan ak­sinya 40 kali sejak Juli hingga Oktober 2019.

“Para pelaku melakukan aksinya di badan pesawat ke­tika terjadi proses pemindahan, baik ketika masuk atau keluar,” kata Direktur Direktorat Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (Polda DIY), AKBP Burkan Rudy Satria, di Mapolda DIY, Jumat (20/12).

Kasus itu terungkap setelah Polda DIY mendapatkan la­poran dari salah satu perusahaan jasa pengiriman barang yang komplain karena ada barang yang hilang. Burkan mengatakan lima tersangka berinisial S, ODA, ABS, ASF, dan S saat ini ditahan di Mapolda DIY.

Penangkapan kelimanya dilakukan secara bertahap. Tiga pelaku pertama ditangkap pada 12 November 2019, kemu­dian pada 4 Desember kembali ditangkap satu pelaku, dan satu pelaku lainnya ditangkap pada 12 Desember. Burkan menjelaskan modus operandi para pelaku yakni dengan menyobek sedikit jahitan karung paket kargo kemudian pelaku mengambil barang dengan jumlah sedikit.

Meski barang yang diambil tidak banyak, namun di­lakukan secara terus menerus. “Jadi, misalnya, dia ambil handphone satu, untuk barang lain satu, sehingga ketika diproses dalam timbangan selisihnya tidak berbeda jauh,” kata Burkan.

Untuk menghilangkan jejak, tambah Burkan, para pelaku kemudian menjahit secara cepat karung paket yang sudah dirobek. Di dalam badan pesawat yang tidak terjang­kau CCTV itu, lima pelaku berbagi tugas, ada yang berper­an merobek, mengambil barang, dan berperan mengawasi. YK/N-3

What do you think?

Written by Julliana Elora

Pers Sumatera Selatan, Pers Perjuangan 1925- 1950 (Bagian Pertama)

Sidang Dakwaan