in ,

5 Strategi Pemasaran Produk Digital Paling Ampuh Tahun 2024

Dengan perkembangan teknologi yang kian mutakhir, produk digital semakin populer dan banyak diminati. Keunggulan utama produk digital adalah skalabilitasnya. Kamu dapat dengan mudah mengembangkan produk digital untuk mengakomodasi pengguna dalam jumlah besar. Biaya produksinya pun bisa sangat rendah dengan bantuan berbagai perangkat lunak. Karenanya, produk digital dapat menjadi peluang bisnis yang bisa kamu manfaatkan untuk meraup keuntungan.

Apa itu Produk Digital?

Berbeda dengan produk yang lazim kita kenal, produk digital tidak memiliki wujud fisik. Produk digital dapat disimpan, dikirim, dan digunakan dalam format elektronik. Strategi pemasaran produk digital pun beragam, mulai dari pemasaran digital seperti WhatsApp CRM, marketplace, platform, aplikasi, perangkat lunak, game online, hingga via workshop dan networking

Produk Digital Unggulan Tahun 2024

Meskipun tanpa wujud fisik, produk digital memiliki nilai jual serta dapat ditawarkan kepada pasar, berikut beberapa produk digital yang memiliki banyak peminat di tahun 2024.

  • Bermacam format ebook (buku elektronik) dengan berbagai genre seperti fiksi, non-fiksi, edukasi, dan pengembangan diri;
  • Template dokumen yang bisa dimodifikasi seperti proposal bisnis, laporan keuangan, portofolio, digital planner, dan lainnya;
  • Laporan riset dan analisis data statistik tentang berbagai industri, pasar, dan tren;
  • Panduan dan tutorial tentang berbagai topik seperti pengembangan web dan software, atau lainnya.
  • Foto, audio, dan video
    • Stock photos, ilustrasi, logo, ikon, dan template desain;
  • Stock videos;
  • Lagu, instrumental dalam bentuk audio;
  • Kartu ucapan digital untuk berbagai acara, seperti ulang tahun, kelahiran, pernikahan, atau hari raya.
  • Perangkat lunak
    • Plugin untuk website, aplikasi desktop dan mobile;
  • Software untuk berbagai keperluan, seperti antivirus, editing foto, dan desain grafis;
  • Fonts tipografi;
  • 3D Avatar.
  • Kelas online
  • Materi pembelajaran tentang berbagai topik dalam format video, audio, dan teks;
  • Kelas online yang berlangsung secara live dan interaktif.
  • Program mentorship dan coaching individu dengan pakar di bidangnya.
  • Akses eksklusif
  • Akses ke konten eksklusif yang tidak tersedia di platform lain atau yang hanya tersedia dalam jangka waktu terbatas;
  • Akses ke komunitas online privat di mana anggotanya dapat saling mendukung, bertukar informasi, berjejaring (networking), dan berkolaborasi;
  • Akses ke fitur premium yang lebih canggih.

Ragam Strategi untuk Memasarkan Produk Digital

Meskipun produk digital menawarkan banyak manfaat, tantangan terbesarnya adalah persaingan yang sangat ketat. Dengan banyaknya bisnis online yang bersaing untuk mendapatkan perhatian, menarik perhatian audiens yang kamu targetkan bisa jadi terasa sulit. 

Karenanya, kamu butuh strategi pemasaran yang tepat untuk mempromosikan produk digital kamu. Strategi pemasaran adalah–menurut Stanton yang dilansir dari Gramedia–“apa yang mencakup semua sistem yang terlibat dalam perencanaan dan penetapan harga produk, pemasaran produk, dan distribusi barang dan jasa yang dapat memuaskan kekuatan pembeli aktual dan potensial.”

Berikut ini kami paparkan 5 strategi pemasaran paling ampuh untuk produk digital kamu. Berita baiknya, sebagian besar strategi ini hemat biaya; hanya memerlukan waktu dan komitmen kamu.

  1. Membangun audiens

Sebelum kamu mulai meluncurkan produk digital, akan lebih baik jika kamu membangun audiens terlebih dahulu. Jika sudah memiliki audiens, kamu bisa menjadikan mereka sebagai bahan pertimbangan, atau mungkin bahkan bertanya langsung pada mereka, perihal produk digital yang akan kamu rilis. 

Kamu bisa menggali informasi mengenai masalah yang paling relevan dengan audiensmu. Seperti, bagaimana bantuan penyelesaian yang mereka butuhkan, solusi apa saja yang sudah pernah mereka coba, serta cara mana yang berhasil dan mana yang tidak. 

Setelah itu, kamu dapat mengembangkan produk digital yang dapat mengakomodasi kebutuhan mereka. Saat produk digital kamu siap dirilis, setidaknya kamu tahu bahwa ada sekelompok orang yang membutuhkan apa yang akan kamu tawarkan.

Lalu dari mana kamu bisa mendapatkan audiens? Selain media sosial, kamu juga bisa memperoleh audiens dari website. Selanjutnya, kamu bisa mengumpulkan audiens dengan bantuan CRM. Integrasikan CRM dengan berbagai macam platform, seperti WhatsApp Bisnis, media sosial, marketplace, atau website. 

Kamu bisa membuat formulir online dengan space untuk nama, email, nomor WhatsApp, dan informasi lainnya. Lalu, sematkan formulir ini di website atau landing page kamu dengan penawaran diskon, hadiah, atau konten eksklusif kepada siapa saja yang mendaftar. Nantinya, sistem CRM akan mengimpor data ini dan menyatukannya dalam basis data terpusat. CRM juga dapat menarik data dari pengikut akun media sosial yang sudah terintegrasi.

  1. Search Engine Optimisation (SEO)

Membangun website bisa masuk dalam salah satu strategi pemasaran produk digital. Pastikan kamu menerapkan SEO agar performa website kamu makin optimal. Lakukan riset untuk menemukan kata kunci (keyword) yang relevan dengan produk digital kamu.

Kamu bisa menggunakan alat analisis seperti UberSuggest, Google Keyword Planner, atau Ahrefs untuk membantu riset kata kunci. Cari kata kunci dengan volume pencarian tinggi dan tingkat persaingan rendah. Gunakan keywords tersebut untuk mengoptimalkan judul artikel, meta deskripsi, alt text, dan konten website kamu. 

Di samping itu, pastikan website kamu mudah dijelajahi dan mobilefriendly. Website yang performanya optimal dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan mudah ditemukan oleh calon pelanggan yang prospektif.

  1. Adakan event tantangan

Event tantangan merupakan sebuah acara yang dapat kamu gunakan untuk menarik minat pelanggan. Misalnya, kamu akan meluncurkan produk digital berupa aplikasi olahraga. Lalu kamu mengajak audiens untuk berpartisipasi dalam “Tantangan Badan Bugar selama 7 Hari” secara gratis. 

Peserta yang berhasil menyelesaikan tantangan, berkesempatan memenangkan produk langganan aplikasi olahraga milikmu selama setahun. Meskipun tidak semua peserta menang, namun mereka bisa merasakan fitur-fitur aplikasi kamu. Harapannya, setelah mendapatkan pengalaman positif dari produk digital kamu, mereka akan terdorong untuk berlangganan, terutama jika kamu memberikan promosi, seperti diskon atau bonus lain.

Strategi pemasaran seperti ini bisa menjadi cara ampuh untuk meningkatkan antusiasme dan mengumpulkan calon pembeli untuk produk digital kamu. Peserta terlibat aktif dalam menyelesaikan tugas dan antusias mendapatkan hadiah. Gunakan pula CRM untuk menghimpun informasi kontak para peserta dan mengelompokkannya menjadi beberapa segmen untuk kepentingan pemasaran di masa depan.

  1. Buat alur pemasaran lewat konten dan kerjasama dengan influencer

Salah satu strategi efektif lain dalam menghasilkan prospek untuk produk digital kamu adalah content marketing funnel. Proses ini melibatkan tiga langkah:

  1. Pikat audiens target kamu dengan membuat konten menarik di website/blog atau media sosial yang relevan dengan kebutuhan dan permasalahan mereka;
  2. Tarik minat audiens dengan menawarkan penawaran, seperti panduan, ceklis, printable, webinar, atau uji coba gratis, dengan imbalan informasi kontak mereka;
  3. Kirimkan konten berkualitas secara rutin melalui email atau WhatsApp guna menumbuhkan rasa percaya terhadap bisnismu dan menunjukkan keahlianmu.

Setelah membangun hubungan baik yang kuat melalui konten gratis yang kamu sediakan, secara bertahap perkenalkan dan promosikan produk digital kamu. Hal ini untuk memastikan produk kamu dapat diterima dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan dan minat mereka.

Selain itu, jalinlah kerjasama dengan orang-orang yang memiliki jangkauan audiens lebih luas seperti blogger atau influencer. Mereka memberikan pengaruh yang besar dalam strategi pemasaran digital berkat komunitas online yang mereka miliki. Kamu bisa mencari pembuat konten yang sesuai dengan produkmu untuk diajak berkolaborasi, baik dalam bentuk postingan bersponsor atau kerjasama afiliasi.

Yang perlu diingat adalah, jangan terburu-buru menawarkan produk digital kamu. Bangun dulu hubungan yang baik dengan audiens hingga tumbuh kepercayaan sebelum meminta pembelian.

Di era digital yang dinamis ini, persaingan antar produk kian ketat. Namun, dengan menerapkan 5 strategi pemasaran yang dibahas di atas, kamu dapat memperkuat daya saing produk digital kamu dan meraih kesuksesan di tahun 2024. 

What do you think?

Written by Julliana Elora

Laporan Survei Kepuasan Layanan Dukungan Manajemen dan Administrasi di Lingkungan Sekretariat Kabinet Tahun 2023

Hari Kelima, Pencarian korban Banjir dan Longsor di Pessel Masih Nihil