in

7 atlet renang berprestasi dari Indonesia

Jakarta (ANTARA) – Renang adalah salah satu cabang olahraga yang telah membawa Indonesia ke pentas internasional melalui prestasi dan kerja keras para atletnya.

Berikut adalah beberapa atlet renang berprestasi di Indonesia:

1. I Gede Siman Sudartawa

I Gede Siman Sudartawa adalah atlet renang asal Indonesia dengan spesialis nomor gaya punggung. Pada SEA Games 2011 di Palembang, Siman berhasil merebut empat medali emas dan memecahkan dua rekor SEA Games. Pada Olimpiade Musim Panas 2012, ia lolos sebagai peringkat 39 dan juga pembawa bendera Indonesia saat upacara pembukaan.

Dia menjadi perenang Indonesia pertama yang berenang di semifinal Kejuaraan Akuatik Dunia setelah ia menempati urutan keenam belas secara keseluruhan dalam gaya punggung 50 meter di Kejuaraan Dunia Akuatik 2017 yang diadakan di Budapest, Hongaria. Pencapaian lainnya adalah memecahkan rekor di nomor 100 meter gaya punggung putra dengan catatan waktu 55,59 detik.

2. Gagarin Nathaniel

Gagarin Nathaniel adalah seorang perenang kompetitif asal Indonesia yang dikenal sebagai pemegang rekor nasional di nomor 100 meter dan 200 meter gaya dada putra. Gagarin meraih prestasi terbaiknya pada SEA Games 2017 karena berhasil meraih medali emas dengan catatan waktu 1 menit 01,76 detik di nomor 100 meter gaya dada putra. Gagarin juga meraih medali perunggu pada nomor 100 meter gaya dada putra dalam Sea Games Vietnam 2022

3. Jeremy Elyon Masterganesha Damanik

Jeremy Elyon Masterganesha Damanik adalah atlet kelahiran 1 Oktober 2007 yang berhasil meraih tiga medali emas dalam ajang 13th ASEAN Schools Games (ASG) 2024 yang diselenggarakan di Da Nang, Vietnam. Tiga medali itu berasal dari;

  • Medali Emas 100 Meter Gaya Bebas
  • Medali Emas 50 Meter Gaya Kupu-kupu
  • Medali Emas 4×100 Meter Gaya Bebas Putra

4. Masniari Wolf
​​​​​​​
Masniari Wolf, lahir pada 2 Desember 2005, adalah perenang Indonesia berdarah campuran Indonesia-Jerman. Meskipun besar di Jerman, dia memilih untuk mewakili Indonesia pada berbagai ajang internasional.

Dia pertama kali tampil dalam SEA Games 2021 dan berhasil meraih emas di nomor 50 meter gaya punggung. Pada SEA Games 2023 di Kamboja, Masniari kembali menorehkan prestasi dengan medali emas di nomor yang sama.

5. Felix Viktor Iberle
​​​​​​​
Felix Viktor Iberle adalah perenang muda Indonesia yang berhasil menjadi Juara Dunia Junior 2023 di nomor 50 meter gaya dada putra. Selain memegang gelar juara dunia junior, Felix juga merupakan pemegang rekor Kejuaraan Dunia Junior Renang, rekor SEA Games, dan rekor nasional Indonesia untuk cabang 50 meter gaya dada putra.

6. Joe Aditya Wijaya Kurniawan
​​​​​​​
Joe Aditya Wijaya Kurniawan adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya yang juga menjadi atlet renang berbakat. Prestasi yang diraihnya mencakup:

  • Medali Perak SEA Games 2021 Hanoi
  • Medali Perunggu SEA Games 2023 Kamboja
  • Medali Perak Islamic Solidarity Games 2022 Konya
  • Dua Medali Emas di ASEAN University Games 2024 di Jawa Timur

7. Azzahra Permatahani
​​​​​​​
Azzahra Permatahani, lahir pada 7 Januari 2002, adalah perenang andalan Indonesia di nomor 400 meter gaya ganti perorangan putri. Salah satu pencapaiannya adalah memecahkan rekor nasional di nomor 200 meter gaya dada putri pada 2019 dengan waktu 2 menit 32,22 detik. Azzahra juga berhasil meraih Medali Perak 200 Meter Gaya Ganti Perorangan Putri – SEA Games 2019 Filipina.

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024

What do you think?

Written by Julliana Elora

Lirik lagu Greenday “Basket Case” yang angkat isu kesehatan mental

Polda Riau tangkap anggota polisi Polres Muratara diduga seludupkan sabu 30 kg