in

ACT-Marinir Siap Bagikan Beras ke Warga Terdampak Covid-19

JAKARTA – Gerakan dan kolaborasi berbagai pihak sangat diperlukan untuk penanganan wabah Covid-19, termasuk yang Aksi Cepat Tanggap (ACT) lakukan bersama Marinir TNI AL. ACT menyerahkan 6 ton beras kepada Korps Marinir pada Rabu (22/4) di Graha Marinir Panti Perwira, Jakarta. Penyerahan bantuan dilakukan Presiden ACT, Ibnu Khajar kepada Komandan Korps Marinir, Mayjen TNI (Mar) Suhartono.

Presiden ACT, Ibnu Khajar mengatakan penyerahan beras kepada Korps Marinir ini bagian dari rangkaian program operasi pangan gratis yang telah dijalankan ACT beberapa waktu lalu untuk merespons dampak Covid-19 dari sisi pangan. Kolaborasi ini merupakan rangkaian dari kerja sama ACT bersama TNI yang sempat melepaskan 1.000 ton beras untuk daerah Jabodetabek beberapa waktu lalu.

“Setelah sebelumya bekerja sama dengan Kodam, hari ini bisa silaturahim ke Korps Marinir dan penyerahan bantuan. Di tahap awal sekitar 6 ton yang kami amanatkan kepada bapak-bapak Marinir untuk bisa dibagikan kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan,” jelas Ibnu dalam pernyataan tertulis yang diterima Koran Jakarta, Jumat (24/4).

Sampai ke Masyarakat

Melalui program ini, ACT menargetkan bantuan dapat sampai kepada masyarakat yang ekonominya terdampak Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), seperti pekerja harian dan berbagai pekerja serabutan atau masyarakat akar rumput lain.

“Alhamdulilah, hari ini adalah acara yang tepat. Insyaallah dengan spirit Marinir Peduli, Marinir Berbagi, dan spirit program operasi pangan gratis ACT, kami sampaikan bantuan logistik pangan kepada masyarakat yang membutuhkan,” kata Ibnu.

Komandan Korps Marinir, Mayjen TNI (Mar) Suhartono mengapresiasi semangat berbagi dari ACT. Hal ini karena semangat ACT sejalan dengan program Marinir TNI AL yakni Marinir Peduli, Marinir Berbagi yang telah diinisasi sejak awal pandemi Covid-19 merebak.

“Awal-awal wabah Covid-19 ini merebak, kami menginisiasi mulai dari pembagian masker, sarung tangan, dan sembako dari internal kami. Saat ini sudah banyak masyarakat peduli, termasuk dari tim ACT yang menawarkan kerja sama dengan Korps Marinir. Tentu saja ini sangat selaras dengan program kami,” kata Suhartono.

Sejauh ini, pihak Marinir TNI AL telah menyurvei titik-titik lokasi untuk mendistribusikan bantuan. Suhartono optimistis bantuan-bantuan ini dapat meringankan beban mereka yang ekonominya terdampak Covid-19.

“Minimal bisa meringankan kesulitan mereka dalam penyiapan sembako. Ke depan akan selalu kami ajak relawan-relawan yang bergerak dalam bidang sosial untuk bekerja sama dan akan kami salurkan. Kami punya fasilitas dan personel untuk membantu menyalurkan kepada mereka-mereka yang membutuhkan,” tuturnya.

Sebelumnya, ACT berkolanorasi tidak hanya dalam operasi pangan gratis, namun juga program layanan antar pangan gratis yakni humanity careline dengan Kodam Jaya. Aster Kasdam Jaya Kolonel  Inf Jacky Ariestanto menjelaskan pihaknya akan mendukung dengan membuka posko-posko di lima Kodim di Jakarta. Humanity careline menjadi turunan operasi beras gratis yang diluncurkan bersama TNI awal April lalu. mar/N-3

What do you think?

Written by Julliana Elora

Modus Ban Dikempesi, Rp 75 Juta Hilang Dari Dalam Mobil

Trump Siap Ventilator Untuk Indonesia