in

Ada Festival Pelatihan Vokasi di BPVP Padang, Jangan Lupa Jadwalnya!

Peraturan Presiden Nomor 68 Tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi telah diterbitkan, di mana Kementerian Ketenagakerjaan diberikan mandat untuk menjadi leading sector dalam penyelenggaran pelatihan vokasi.

Kemnaker menyelenggarakan Bulan Pelatihan Vokasi ini untuk pertama kali, melibatkan beberapa pemangku kepentingan.

“Tujuannya adalah untuk memberikan informasi dan memfasilitasi pemangku kepentingan termasuk pencari kerja dan pemberi kerja tentang pentingnya penyelenggaraan pelatihan vokasi,” ungkap Sub Koordinator Pemberdayaan dan Peningkatan Produktivitas BPVP Padang, Yanri kepada wartawan, Kamis (13/10).

Bulan vokasi ini akan diselenggarakan melalui beberapa rangkaian acara antara lain Job Fair, Pameran Pelatihan Vokasi dan Layanan Ketenagakerjaan yang dikemas dalam kegiatan Open House di seluruh Satuan Kerja Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas di Indonesia.

“Ini merupakan bagian dari ekosistem pelatihan vokasi serta dalam kegiatan Festival Pelatihan Vokasi sebagai acara puncaknya,” kata Yanri lagi.

Untuk agenda Open House Pelatihan Vokasi digelar di seluruh Indonesia, termasuk BPVP Padang. Penyelenggaranaan ini digelar 17-21 Oktober 2022 di BPVP Padang, Jalan Sungai Balang, Lubukkilangan, Padang.

“Sepanjang acara juga digelar pameran pelatihan vokasi, pameran produk BPVP atau alumni BPVP, job fair dan panggung hiburan,” papar Yanri.

Untuk Festival Pelatihan Vokasi, melibatkan tiga unit eselon satu di Kementerian Ketenagakerjaan, yaitu Setjen Pusat Pasar Kerja, Ditjen Binapenta (Dit PTKDN) dan Ditjen Binalavotas yang rencananya dilaksanakan Kamis-Sabtu, 28-30 Oktober 2022 di JCC Senayan Jakarta Pusat.

Sementara, Pameran Pelatihan, Peralatan dan Produk Vokasi merupakan acara untuk menghadirkan replika kejuruan-kejuruan yang menjadi modalitas Kemnaker dalam menyelenggarakan pelatihan vokasi lengkap dengan peralatan dan produk yang dihasilkan, serta kegiatan pelatihan yang diselenggarakan, di antaranya adalah kejuruan otomotif, mekanik, manufaktur, bangunan, culinary, fashion & creativity, integrated farming, digital business & technology.

Tujuannya adalah untuk mempromosikan sekaligus menginformasikan kepada para pemangku kepentingan bidang pelatihan vokasi tentang sumberdaya dan proses pelatihan vokasi yang selama ini diselenggarakan oleh Kemnaker. (*)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Semen Padang Kenalkan Interlock Brick ‘Sepablock’ pada Tukang di Pasbar

Irjen Teddy Minahasa Batal Kapolda Jatim, Kapolri Turunkan Tim ke Sumbar