in

Ada Food Performative di Alek Nagari Lubukkilangan, Painting On The Spot akan Dilelang

Denah lokasi acara Alek Nagari Lubukkilangan di Pabrik Indarung I Semen Padang, pada Rabu 5 Juli mendatang.

PADEK.CO– Rabu (5/7) pagi hingga sore, Alek Nagari Lubukkilangan hadir di Pabrik Indarung I PT Semen Padang. Beragam kegiatan akan tersaji. Mulai Food Performative, pertunjukan tradisi serta painting on spot.

Selain itu juga Arakan Jamba dari Bundo Kanduang tujuh kelurahan, serta penadatanganan Pakta Integritas dari pemangku kepentingan yang berada di dalam dan sekeliling pabrik Indarung I.

Kegiatan ini berdasarkan rasa syukur masyarakat Lubukkilangan atas ditetapkannya pabrik tertua di Asia Tenggara ini sebagai Warisan Budaya Benda tingkat nasional pada 27 Februari lalu oleh Kemdikbudristek.

Seekor kerbau akan rebah. Tujuh kancah disediakan. Berkilo bumbu diracik. Bertumpuk kayu akan dimasukkan ke perapian. Sebanyak 110 kg daging kerbau akan dimasak menjadi rendang.

Food Performative ditampilkan dengan konsep ‘Dapur, panggung belakang yang dibawa ke pentas depan”. Dapur yang selalu terkesan tertutup sekarang diterang benderangkan bersama pertunjukan pendukung,” ujar Aidil Usman, Ketua IHS, salah satu penggagas helat.

Pertunjukan yang dimaksud adalah pertunjukan tradisi. Ada saluang rabab, randai, gamad dan Tari Galombang. Setiap kesenian akan ditempatkan pada lokasi-lokasi tertentu.

Dua perupa dari Jakarta melakukan painting on the spot. Kedua perupa akan menangkap panorama performatif yang terjadi selama kegiatan.

“Setelah selesai, lukisan rencananya akan dilelang. Siapa tahu ada yang berminat,” tambah Aidil.

Sementara itu, Ketua Panitia, Ir Edwar, mengajak warga Lubukkilangan, khususnya serta masyarakat Sumbar umumnya untuk datang pada tanggal 5 Juli nanti.

“Ini untuk membangun kebersamaan warga Lubukkilangan. Sambil memperlihatkan betapa banyak potensi dari Pabrik Indarung I dan sekitarnya,” kata Edwar.

Penampilan akan memakan waktu yang lama. Ini membutuhkan strategi dalam menata pertunjukan. “Kami siap tampil. Dengan maksimal,” ucap Junaidi, pimpinan Sanggar Ranah Tigo Raso. Grup Randai yang akan tampil.

Sementara, musisi Ferry Yan Juned, yang akan tampil bersama Gamad Pauh Sejati, merasa gembira diikutkan dalam kegiatan ini.

“Terima kasih pada panitia yang sudah mengikutkan kami. Ini sebuah kehormatan,” ujar anak penyanyi gamad terkenal, Yan Juned. (*)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Puluhan Anak di Tilatang Kamang Ikuti Sunatan Massal

HUT Kota Pariaman ke-21, Genius Umar Gaungkan I am Proud to be a Pariaman