in

Air Terjun Tri Sakti Rejang Lebong Bengkulu dilengkapi Pembangkit Tenaga Mikro Hidro

Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) – Kawasan wisata Air Terjun Tri Sakti Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, saat ini dilengkapi penerangan listrik yang bersumber dari pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH) guna menunjang kenyamanan pengunjung yang datang ke tempat itu.

Direktur BUMDes Belirang Desa Belitar Seberang, Kecamatan Sindang Kelingi selaku pengelola kawasan wisata Air Terjun Tri Sakti M Soleh saat dihubungi di Rejang Lebong, Senin, mengatakan pemasangan listrik yang bersumber dari PLTMH ini dilakukan dengan bantuan dana desa (DD) setempat.

“Saat ini sudah dipasang dan sudah menyala, tinggal peresmian saja. Kapasitas PLTMH ini 5.000 watt dan diperkirakan bisa memenuhi kebutuhan listrik sejumlah fasilitas yang ada di kawasan wisata Air Terjun Tri Sakti seperti untuk kebutuhan glamping, mushola, toilet dan lainnya,” kata dia.

Dia menjelaskan, pemasangan listrik PLTMH tersebut dibiayai oleh DD Belitar Seberang tahun anggaran 2021 lalu sebesar Rp100 juta dan ditambah dengan swadaya masyarakat.

“PLTMH ini nantinya akan dioperasionalkan di bawah BUMDes Belirang guna memenuhi kebutuhan unit usaha salah satunya kawasan wisata Air Terjun Tri Sakti. Pemasangan PLTMH ini dilakukan karena untuk memanfaatkan listrik PLN jaraknya dari desa cukup jauh,” terangnya.

Sejauh ini pembangunan sarana prasarana pendukung obyek wisata Air Terjun yang memiliki ketinggian 100 meter dan air yang keluarnya selain dingin juga ada air panasnya itu, tambah dia, terus mereka lakukan dengan memanfaatkan dana penyertaan modal dari dana desa, kemudian swadaya masyarakat serta hadiah menang lomba desa tingkat Provinsi Bengkulu pada 2021 lalu sebesar Rp50 juta.

“Kendalanya saat ini adalah akses jalan menuju ke lokasi wisata yang masih buruk, kami berharap Pemkab Rejang Lebong bisa membangun akses jalan sehingga memudahkan pengunjung untuk datang, apalagi Air Terjun Tri Sakti sekarang mulai dikenal dan ramai dikunjungi wisatawan,” tambah dia.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Rejang Lebong M Budianto menyebutkan pada tahun ini di daerah itu ada dua ajang bidang kepariwisataan dalam skala besar diantaranya jelajah alam yang akan dilaksanakan di kawasan wisata Air Terjun Desa Belitar Seberang, Kecamatan Sindang Kelingi, pada Agustus 2022.

Sedangkan ajang lainnya ialah Festival Bukit Kaba yang akan dilaksanakan di Desa Sumber Urip, Kecamatan Selupu Rejang pada akhir tahun 2022 nanti.

 

What do you think?

Written by Julliana Elora

Dovizioso perlu buktikan diri layak bertarung di MotoGP 2022

Polri wacanakan pemasangan cip pada pelat nomor kendaraan 2023