in

Alami Peningkatan, Tiap Bulan Ada 1.500 Warga Riau Berangkat Umroh

Rian | Kamis,02 Maret 2017 – 08:51:59 WIB

Dibaca: 246 kali 

PEKANBARU – Berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah Haji atau Umroh adalah salah satu cita-cita seluruh umat Muslim di Dunia. Apalagi, Haji merupakan salah satu dari Rukun Islam yang memang wajib dilakukan apabila mampu.

Untuk Riau sendiri, saat ini tercatat ada sedikitnya 1.500 jamaah setiap bulan yang berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan Ibadah Umroh. Bahkan, angka ini cenderung bertambah setiap bulan.

“Setiap bulan ada sekitar 1.500 jamaah Riau yang berangkat Umroh. Setiap tahun mengalami peningkatan,” kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau Ahmad Supradi.

Dengan demikian, warga Riau yang pergi umrah setiap tahun mencapai sekitar 18 ribu orang. Kata Ahmad Supardi, ini salah satu fakta ketaatan masyarakat Muslim yang menjalankan syariat Islam.

Berbagai macam persoalan, terutama lesunya perekonomian sepanjang 2016, tak mengurangi animo masyarakat ke Tanah Suci. “Pengaruhnya tetap ada, namun begitu secara umum minat menjalankan ibadah umrah tetap tinggi,” kata dia dilansir tribun.

Di sisi lain, hal itu menjadi lahan bisnis yang menggiurkan. Sayangnya, tidak semua perusahaan biro perjalanan amanah dalam menjalankan kepercayaan para calon jemaah. Terbukti dari tahun ke tahun sejak 2015 lalu selalu saja terungkap kasus calon jemaah yang ditipu atau ditelantarkan.

Meski begitu, kata Ahmad Supardi, kejadian-kejadian itu tidak menyurutkan minat umat Islam untuk beribadah ke Tanah Suci.

“Kebanyakan yang bermasalah itu adalah travel yang tidak ada izin operasionalnya di Riau. Jelasnya, izin perusahanan travel itu di Jakarta namun ada agen-agennya di Riau. Kasus yang beberapa kali terjadi keberangkatan calon jemaah diundur-undur,” kata dia.

Menurut dia, pengawasan sulit dilakukan mengingat perusahaan tersebut tidak memiliki izin operasional di Riau. “Bagaimana mau dilakukan pengawasan, bahkan kantornya juga tidak di Riau,” kata Ahmad Supardi.

Editor: Rian


What do you think?

Written by virgo

Wanita Terhebat Adalah Dia Yang Telah Memiliki Gelar Sarjana, Tapi Lebih Memilih Untuk Menjadi Ibu Rumah Tangga

Besok, Kapolri Tito Berkunjung ke Riau, Berikut Daftar Agendanya..