in

Aldo JM, Penyanyi ‘Suku Palarai Cinto’ Asal Agam

ZAMAN sekarang tidak sedikit orang-orang yang mendobrak karir melalui kegabutan, berujung pada nasib baik. Seperti halnya yang datang pada diri Aldo salah seorang penyanyi asal Agam.

Aldo seorang remaja yang merintis karir di dunia musik sejak usia 18 tahun. Tepatnya pada tahun 2019 lalu. Remaja satu ini memberi nama panggungnya yang cukup unik dengan gabungan nama kedua orangtuanya, yaitu Aldo JM (Jon-Mes). Gabungan nama ayah dan juga ibunya ini sebagai doa dalam dirinya, agar selalu diberikan kemudahan setiap kali ia menjalankan aktivitasnya.

Saat ini Aldo sudah berusia 21 tahun. Lahir pada tahun 2002 di Kabupaten Agam. Aldo merupakan anak keenam dari tujuh orang bersaudara. Meski tidak beruntung dalam pendidikan, namun bakat yang dimiliki Aldo membawanya terjun ke dunia musik.

”Dulu saat sekolah saya coba sambil bekerja. Ternyata karena pengaruh keenakan merasakan hasil pencarian sendiri, sekolah jadi tidak sampai selesai. Ya sudah lanjut kerja saja, sambil cover-cover lagu, eh ternyata mamak (Paman) ngelirik,” ucap Aldo pada Padang Ekspres, baru-baru ini.

Berawal dari keisengan Aldo yang sering membuat video saat ia meng-cover lagu, lalu di share baik di Whatshapp, Instagram, dan lainnya ternyata dilirik sang mamak yang juga merupakan seorang penyanyi sekaligus produser lagu di Ranah Minang yaitu Nelson Sikumbang.

Karena keseringan upload video cover lagu orang, mamak pun merasa keponakannya itu mengaliri bakat yang ia miliki. Oleh sebab itu di tahun 2019 lalu Nelson meminta Aldo untuk berangkat ke Batam untuk diorbitkan menjadi penyanyi.

”Saya juga tidak menduga bakal diorbitkan dan bisa seperti sekarang. Karena dulunya niatnya juga cuma iseng-iseng, tapi alhamdulillah bisa jadi penyanyi, meskipun belum seterkenal penyanyi pada umumnya yang tengah booming saat ini,” paparnya.

Aldo juga bercerita lagu pertama yang ia bawakan berjudul Suku Palarai Cinto yang sekarang sudah tembus di angka 100 ribu orang penonton di channel Youtube NELSON SIKUMBANG RECORD. Meskipun memiliki banyak sanak saudara yang sudah terjun ke dunia musik sejak lama. Namun, Aldo tidak pernah berpikiran bakal mengikuti jejak tersebut.

Alhamdulillah keluarga juga tidak pernah membatasi aktivitas yang saya lakukan, dan ketika coba syuting pun mereka juga mendukung. Waktu ke Batam pun juga mengizinkan. Jadi tidak ada kendala apapun,” ucapnya.

Ia mengatakan satu lagu yang paling bermakna yang pernah dibawakan yaitu Sayangnya Kau Punya Orang. Menurutnya lagu ini mungkin memang sangat umum untuk semua kisah orang, namun lagu ini cukup membuatnya dapat merasakan langsung makna dari lagu tersebut.

Tidak hanya hanya diterbitkan di channel NELSON SIKUMBANG RECORD, lagu-lagu yang dibawakan Aldo juga banyak diterbitkan di channel Youtube Elta Record, dan beberapa channel Youtube lainnya. Menurutnya, menjadi penyanyi merupakan dunia yang baru bagi dirinya, tentu perlu menyesuaikan diri.

”Tapi alhamdulillah berkat arahan mamak, baik dalam rekaman maupun syuting tidak pernah mendapatkan masalah. Dan paling penting itu yang membuat saya tetap bertahan adalah tidak sedikit orang yang mendengarkan lagu saya, ini tentu ada rasa bangga tersendiri dalam diri saya,” terangnya.

Tidak hanya itu, dalam waktu dekat, sehabis Lebaran Idul Fitri 1444 hijriah tahun 2023, Aldo bakal kembali membawakan karya terbarunya. Di mana saat ini sudah mulai beberapa proses perancangan musik, ”tinggal menunggu lirik saja, baik lagu minang atau slowrock bisa di-request. Jadi terserah kita saja mau Minang atau tidak,” ungkapnya. (dewi)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Andre Rosiade: ASDP Gerak Cepat Hadapi Arus Mudik 2023

Lebaran Sudah Dekat, Jual-beli Baju Rayo di Pasar Raya Padang masih Sepi