in

Andre Rosiade Hadirkan Listrik untuk Nelayan di Muara Sutera Pessel

PADEK.CO–Anggota DPR RI asal Sumbar H Andre Rosiade membantu menghadirkan listrik untuk kampung nelayan dan tempat pelelangan ikan di Muaro Surantiah, Nagari Lansano, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel).

Puluhan rumah gelap gulita yang sudah puluhan tahun berdiri tanpa aliran listrik akan terang benderang. Aktivitas usaha nelayan juga akan menggeliat.

Hal itu dipastikan saat Anggota Komisi VI DPR Andre Rosiade berkunjung ke Lansano, Jumat (24/11/2023) pagi. Andre didampingi kader Partai Gerindra Nova Omerzon bertemu dengan Wali Nagari Lansano Noven Hendri dan tokoh-tokoh masyarakat nelayan setempat. Selain listrik, warga juga meminta perbaikan jalan, kemudahan izin-izin menangkap ikan sampai pendirian dermaga baru.

Wali Nagari Lansano Noven Hendri mengatakan, untuk aliran listrik ini mereka sudah lima tahun memasukkan proposal ke berbagai instansi dan wakil rakyat. Mulai dari PLN setempat sampai anggota DPRD Pessel dan DPRD Provinsi. Namun, barulah saat dimasukkan aspirasi melalui Andre Rosiade, hal ini langsung dieksekusi.

“Dua hari yang lampau sudah datang ke Pessel orang PLN survei ke lapangan. Semoga segera dipasang tiang listrik dan di rumah-rumah dan lokasi usaha kami,” kata Noven pada pertemuan yang juga diikuti petugas PLN Asri dan Arry itu.

Selain itu, warga juga meminta Andre membantu masalah pintu muara dan menghadirkan dermaga. Karena lokasi Muara ini adalah pusat ekonomi masyarakat Kecamatan Sutera dan Pessel dalam hal perikanan. Karena ketiadaan listrik, nelayan belum bisa menggunakan mesin-mesin pembantu pengawetan ikan.

Alhamdulillah, aspirasi kami sampai kepada orang yang tepat. Pak Andre Rosiade datang, Insya Allah listrik kami terpasang,” katanya yang juga menyampaikan aspirasi pembangunan jalan dan kemudahan perizinan melaut nelayan.

Andre Rosiade mengatakan, ketika mendapatkan informasi tak ada aliran listrik di Surantiah Sutera ini, dia langsung berkomunikasi dengan direksi PLN.

“Kami langsung kontak Direktur Distribusi PLN pak Adi Priyanto dan General Manager PLN Sumbar Eric Rossi Priyo. Alhamdulillah sudah ditinjau dan dieksekusi,” kata Andre yang kembali melakukan kontak telepon dengan Adi Priyanto di lokasi.

Andre Rosiade menyebut, hasil survei tim PLN, Muaro ini membutuhkan setidaknya 20 tiang menengah dan 1 unit travo. “Setelah ini, PLN juga akan melakukan hal yang sama untuk aliran listrik di Kampung Padang Kabau, Nagari Surantih Kecamatan Sutera, Pessel juga,” kata Andre Rosiade yang juga bertemu dengan Wali Nagari Surantiah Amsuardi dan Ketua DPC Gerindra Pessel Afrizon Nazar Uncu. (*)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Malam Ini di Pauh, Gamaik Melintasi Waktu di Festival Gamad

Chandra Eka Putra Resmi Jabat Kasat Pol PP Padang