in

Anies-Muhaimin Ungguli Prabowo-Gibran di TPS 02 dan TPS 03 Painan Timur

Ketua KPPS 02 Painan Timur, Gian Utomo Tristi, saat memperlihatkan surat suara presiden dan wakil presiden kepada saksi ketika penghitungan berlangsung. (Dok yon)

PADEK.CO–Capres 01 Anies-Muhaimin unggul di TPS 02 dan TPS 03 Nagari Painan Timur, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) pada pemungutan suara, Rabu (14/2).

Sedangkan Capres 02 Prabowo-Gibran unggul di TPS 06 di Nagari Painan Timur tersebut. Sementara Capres 03 Ganjar-Mahfud di TPS 06 perolehan suara nol.

Ketua KPPS 02 Painan Timur, Gian Utomo Tristi, mengatakan pelaksanaan pemungutan suara di TPS yang berlokasi di gedung Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pessel tersebut berjalan aman dan lancar.

“Penghitungan surat suara yang dihadiri oleh para saksi dari masing-masing partai peserta pemilu ini mulai kita lakukan pukul 15.00 WIB. Dari 232 yang memberikan hak suara di TPS ini, Anies-Muhaimin mendapatkan 129 suara, Prabowo-Gibran 97 suara, dan Ganjar-Mahfud 4 suara. Sedangkan suara yang tidak sah ada tiga,” jelasnya.

Dia menyampaikan bahwa penghitungan suara masih terus dilakukan untuk DPR RI, DPD, DPRD provinsi dan kabupaten.

“Berdasarkan pengalaman Pemilu tahun 2019, penghitungan surat suara ini diprediksi tuntasnya hingga nanti malam, bahkan bisa sampai dini hari,” ujarnya.

Sedangkan di TPS 06 Nagari Painan Timur, Prabowo-Gibran unggul dengan 103 suara, disusul Anies-Muhaimin 90 suara.

Ketua KPPS 06 Painan Timur, Yogi ketika ditanya menjelaskan bahwa di TPS itu pasangan nomor urut tiga Ganjar Pranowo-Mahfud tidak mendapatkan suara atau nol.

Sementara itu di TPS 03 Painan Timur, Ganjar-Mahfud juga hanya mampu mendapatkan 13 suara.

Hal itu disampaikan ketua KPPS 06 Painan Timur, Edo Aditia Candra. “Dan Anies-Muhaimin mendapatkan 150 suara, dan Prabowo-Gibran 96 suara,” ungkapnya.

Dia menjelaskan bahwa di TPS 03 itu jumlah wajib pilih ada sebanyak 285 orang. “Namun yang menggunakan hak pilih hanya 259 orang, atau sebesar 90,88 persen. Ini merupakan angka partisipasi yang cukup tinggi di TPS ini,” jelas Edo.

“Kami berharap penghitungan suara yang masih akan terus berlanjut hingga malam nanti, tetap bisa terlaksana dengan baik dan lancar,” harapnya. (yon)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Bawaslu Sumbar Monitoring Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS Kota Padang

Wali Nagari Tanjung Gadang Dorong Keltan Guguak Pandan Duri Saiyo Tanam Kaliandra Merah