in

Apple Umumkan Laporan Keuangan Q4, Catat Rekor Pendapatan 64,7 Miliar Dollar AS

SAN FRANCISCO,– Apple pada Kamis (29/10) mengumumkan laporan keuangannya untuk kuartal keempat (Q4) tahun fiskal 2020 yang berakhir pada 26 September dengan rekor pendapatan sebesar 64,7 miliar dolar AS (1 dolar AS = Rp14.670), naik satu persen secara tahunan (year on year/yoy).

Penjualan internasional Apple menyumbang 59 persen dari pendapatan Q4, sementara penjualan bersih Apple di kawasan China Raya turun menjadi 7,95 miliar dolar AS dari 11,13 miliar dolar pada tahun lalu, menurut laporan keuangan Apple.

Penjualan iPhone mencapai 26,44 miliar dolar, anjlok 21 persen dari 33,36 miliar dolar pada tahun lalu.

Sementara penjualan Mac Apple meningkat menjadi 9,03 miliar dolar dari 6,99 miliar dolar pada tahun lalu.

Pendapatan layanan perusahaan mencapai 14,55 miliar dolar, naik dari 12,51 miliar dolar pada tahun lalu.

Perusahaan tersebut juga membukukan laba per lembar saham terdilusi sebesar 0,73 dolar pada kuartal yang sama.

“Apple menutup tahun fiskal yang ditandai oleh inovasi dalam menghadapi masa-masa sulit dengan rekor kuartal September, yang dipimpin oleh rekor tertinggi sepanjang masa untuk Mac dan Layanan,” kata CEO Apple Tim Cook.

“Terlepas dari dampak COVID-19 yang sedang berlangsung, Apple saat ini sedang dalam periode pengenalan produk kami yang paling produktif, dan respons awal untuk semua produk baru kami, yang dipimpin oleh jajaran iPhone 5G pertama kami, sangatlah positif,” catatnya.

“Kinerja kuartal September kami yang luar biasa menutup tahun fiskal yang luar biasa, dengan membuat rekor baru sepanjang masa untuk pendapatan, laba per saham, dan arus kas bebas, terlepas dari lingkungan makro yang sangat tidak stabil dan menantang,” kata Luca Maestri, CFO Apple .

Menurut Maestri, Apple mengembalikan laba senilai hampir 22 miliar dolar AS kepada para pemegang saham selama kuartal tersebut, setelah perusahaan itu berhasil mempertahankan target mencapai posisi netral kas bersih (net cash neutral), atau total kas sama dengan total utang, dari waktu ke waktu.

Dewan Direksi Apple mengumumkan dividen tunai sebesar 0,205 dolar per lembar saham biasa perusahaan itu. Dividen tersebut akan dibayarkan pada 12 November 2020 kepada para pemegang saham yang tercatat saat penutupan bisnis pada 9 November 2020. Ant/P_4

What do you think?

Written by Julliana Elora

Labuan Bajo, Flores. Keberangkatan

Wolff bicara persiapan suksesi kepemimpinan Mercedes