in

Aqua Dwipayana Ingatkan “REACH” saat Memotivasi Kepala OPD Pemko Padang

“Cara berkomunikasi dan kualitas isi komunikasi mencerminkan identitas diri. Bahkan dalam pelayanan publik, komunikasi sekecil apapun dapat berdampak pada citra pemerintah dan persepsi publik,” ujar Aqua Dwipayana.

Peserta seminar, terutama kepala organisasi perangkat daerah (OPD), camat, dan lurah di lingkungan Pemko Padang, tampak antusias mendengarkan setiap motivasi dari Doktor Komunikasi lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran tersebut.

“Kredibel, komitmen, dan konsistensi adalah kunci untuk meraih kesuksesan. Jangan berhenti melakukan kebaikan, karena dengan niat yang baik, hasil yang baik akan diterima, cepat atau lambat,” tambah Aqua Dwipayana.

Lebih lanjut, Aqua Dwipayana memberikan tips agar komunikasi dapat berjalan lancar dengan memanfaatkan kata kunci “REACH,” singkatan dari Respect (sikap menghargai), Emphaty (ikut merasakan), Audible (enak didengar), Clarity (jelas), dan Humble (dibawakan dengan rendah hati).

Selain itu, Aqua Dwipayana mengingatkan para pejabat Pemko untuk menjadikan jabatan sebagai amanah dan bekerja dengan dedikasi tinggi dalam melayani masyarakat sesuai tugas yang diberikan pimpinan dan sesuai aturan. Dengan begitu, maka tercipta tata kelola pemerintahan yang baik. “Selalu bekerja dengan ikhlas, bersyukur, serta rendah hati dalam menjalankan amanah yang diberikan,” ingatnya.

Wakil Wali Kota Padang, Ekos Albar, yang membuka acara, memberikan apresiasi terhadap inisiatif Dewan Pengurus Korpri Kota Padang menggelar seminar motovasi. Baginya, kegiatan ini memiliki peran penting dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dan memberikan motivasi kepada kepala OPD, camat, dan lurah untuk membentuk tim kerja yang solid demi mencapai tujuan dan peningkatan kinerja organisasi.

“Kami berharap kegiatan ini dapat membangkitkan semangat peserta, khususnya kepala OPD, camat dan lurah di Pemko Padang, untuk menciptakan kinerja terbaik,” kata Ekos.

Menurut Ekos, tantangan dalam bekerja selalu ada, dan harus dijalankan dengan baik serta konsisten oleh semua aparatur. Dia berharap motivasi dari Aqua Dwipayana akan memberi semangat kepada OPD untuk tidak mudah menyerah dan selalu berupaya menyelesaikan pekerjaan dengan optimal sesuai target yang ditetapkan.

“Terima kasih kepada Bapak Aqua Dwipayana yang telah meluangkan waktu hadir untuk Pemko Padang. Semoga kontribusinya menjadi amal jariyah, membawa manfaat dalam membentuk tim kerja yang solid dan efektif serta meningkatkan kinerja organisasi,” ucap Ekos Albar.(*)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Misran: K3 Penting pada Setiap Proses Kerja PLN

Mahasiswa Politani Payakumbuh Bimbing Siswa Pilah Sampah di Objek Wisata Taram