in ,

Arab Saudi Bangun Stadion Termodern di Dunia di Puncak Tebing untuk Piala Dunia 2034

Arab Saudi membangun Stadion Mohammed bin Salman berkapasitas 45.000 orang di atas tebing setinggi 200 meter dan menampilkan layar LED terbesar di dunia yang berukuran satu 1,5 kilometer. (Foto: SPA)

PADEK.JAWAPOS.COM-Arab Saudi terus berinvestasi di bidang olahraga. Untuk Piala Dunia 2034, negara itu mempersembahkan salah satu stadion paling modern di dunia. Stadion Mohammed bin Salman berkapasitas 45.000 orang akan dibangun di atas tebing setinggi 200 meter dan menampilkan layar LED terbesar di dunia yang berukuran satu 1,5 kilometer.

Stadion Pangeran Mohammed bin Salman yang serbaguna akan menjadi tuan rumah berbagai acara olahraga, hiburan, dan budaya terbesar di Arab Saudi. Lokasinya terletak di Kota Qiddiya, hanya sekitar 40 menit dari Riyadh.

Stadion futuristik ini ditetapkan menjadi tujuan yang wajib dikunjungi dan bertujuan untuk menarik wisatawan dari seluruh dunia.

Stadion ini dirancang untuk merevolusi pengalaman stadion tradisional dengan tata letak yang mendalam dan fitur teknologi yang unik serta menempatkan penonton sebagai pusat pertunjukan.

Setelah dibuka, stadion multifungsi ini akan menjadi markas dua klub sepak bola Liga Pro Saudi Al-Hilal dan Al-Nassr serta diusulkan menjadi tempat pertandingan Piala Dunia FIFA 2034.

Saudi juga siap menjadi tuan rumah beberapa acara olahraga terbesar di kawasan ini termasuk Piala Raja Saudi, Piala Asia, dan mungkin Asian Games 2034.

“Ambisi kami adalah agar Kota Qiddiya menjadi tujuan global untuk hiburan, olahraga, dan budaya dan stadion baru yang ikonik ini akan menjadi pusatnya,” ungkap Direktur Pelaksana Perusahaan Investasi Qiddiya Abdullah bin Nasser al-Dawood seperti dilansir dari Al-Arabiya.

Lebih lanjut disampaikannya, tempat futuristik ini bertujuan untuk menemukan kembali konsep stadion tradisional dan mewujudkan semangat sejati filosofi Power of Play Qiddiya. “Ini menggunakan teknologi tercanggih dan desain inovatif terdepan di dunia untuk menempatkan penonton sebagai pusat pengalaman,” imbuhnya.

Stadion Pangeran Mohammed bin Salman dirancang oleh firma arsitektur global terkemuka Populous. Atap, lapangan dan dinding LED stadion yang dapat dibuka merupakan inovasi arsitektur yang menawarkan keserbagunaan dan memungkinkan ruang berubah menjadi “mode acara” yang berbeda dalam hitungan jam.

Dinding LED raksasa akan menyiarkan acara langsung, film definisi tinggi, dan pertunjukan laser. Stadion ini akan memberikan pengalaman mendalam yang belum pernah ada sebelumnya bagi para tamu. Jika tidak diaktifkan, maka akan menampilkan pemandangan Kota Qiddiya.

Para tamu akan dapat menikmati beberapa acara dalam satu hari, termasuk sepak bola, tinju, esports, konser, dan pertunjukan teater.

What do you think?

Written by Julliana Elora

BIM Ditutup Lagi Akibat Abu Letusan Marapi, 16 Penerbangan Terganggu

Indonesia Kembali Catatkan Rekor Guinness World Records Melalui Sempoa SIP Indonesia