in

ASN Terlibat Narkoba Akan Diberi Sanksi Tegas

JAKARTA – Pemerintah berkomitmen untuk mencegah dan memberantas penyalahgunaan narkotika di lingkungan instansi pemerintah. Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tersandung kasus narkoba, akan diberi sanksi tegas.

“Sanksi tegas diberlakukan kepada ASN yang tersandung kasus narkotika,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo, di Jakarta, Jumat (5/2).

Terkait perang melawan penyalahgunaan dan peredaran narkotika, Menteri Tjahjo juga menegaskan ini jadi salah satu atensi serius Presiden Jokowi. Perlu ada gerakan dan  penekanan untuk menyadarkan  masyarakat akan bahaya narkotika, termasuk penindakan yang tegas dan upaya rehabilitasi.

Menteri Tjahjo mengungkapkan, kementeriannya akan terus menguatkan sinergi dengan lembaga lain untuk memerangi peredaran narkotika. Terutama dengan Badan Nasional Narkotika (BNN). Untuk itu, beberapa hari yang lalu telah dilakukan audensi dengan Kepala BNN Petrus Reinhard Golose bersama jajarannya  Kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

“Saya di berbagai kesempatan  sering mengingatkan ASN untuk tidak melakukan penyalahgunaan narkotika. Tak hanya kesadaran diri yang diperlukan, namun juga sinergisitas dan komitmen antar-instansi pemerintah, tokoh masyarakat, tokoh agama, serta seluruh elemen untuk memeranginya,” kata Tjahjo.

Menteri Tjahjo menyatakan dukungannya kepada BNN untuk terus memberantas peredaran narkotika di kalangan masyarakat maupun di lingkungan ASN.  Karena persoalan narkotika telah menjadi ancaman semua generasi. 

“Untuk itu, Kemenpan RB siap mendorong apa yang menjadi kebijakan serta roadmap BNN, baik dari sektor kelembagaan, SDM, dan lainnya,” ujarnya.

Sebelumnya,, Kepala BNN Petrus Reinhard Golose mengapresiasi langkah-langkah serta dukungan Menpan RB bersama jajarannya dalam mendukung upaya pemberantasan narkotika menuju Indonesia Bersih Narkoba (Bersinar). 

“Sinergi banyak pihak sangat penting untuk menekan penyalahgunaan narkotika terutama pada generasi muda. Sekali lagi kami dari BNN mengucapkan terima kasih atas dukungan Bapak Menpan RB berkaitan dengan war on drugs, perang terhadap narkoba untuk menuju Indonesia Bersinar. Indonesia Bersih Narkoba,” ujarnya. ags/N-3

What do you think?

Written by Julliana Elora

Kapal Perang AS Melintas di Selat Taiwan

Presiden RI Sambut Kunjungan Resmi Perdana Menteri Malaysia Di Istana Merdeka, Jakarta