in

Atlet Indonesia yang pernah bawa obor Olimpiade 

Jakarta (ANTARA) – Pembawa api obor Olimpiade biasanya para atlet perwakilan dari berbagai negara yang ikut berpartisipasi dalam pesta olahraga dunia Olimpiade. Atlet Indonesia pun pernah berpartisipasi sebagai pembawa obor Olimpiade atau torch relay.

Api obor Olimpiade menjadi salah satu simbol untuk mengawali pembuka pesta olahraga dunia Olimpiade. Api obor akan dibawa secara estafet ke tempat tujuan akhir di stadion yang menjadi tuan rumah Olimpiade.

Berikut beberapa atlet Indonesia yang pernah berpartisipasi membawa api obor Olimpiade:

1. Rossy Pratiwi Dipoyanti, Olimpiade Atlanta 1996

Melansir dari laman resmi Komite Olimpiade Indonesia, salah satu atlet Indonesia yang pernah membawa obor Olimpiade adalah Rossy Pratiwi Dipoyanti di Olimpiade Atlanta 1996.

Rossy pernah membawa api obor Olimpiade Atlanta di fun run torch relay sesaat sebelum opening ceremony dengan berlari sejauh 500 meter yang mewakili Indonesia. Ia merupakan seorang atlet dari cabang olahraga tenis meja yang sudah dua kali mewakili Merah Putih di Olimpiade, 1992 Barcelona dan 1996 Atlanta.

Ia pernah mencapai babak 16 besar di Olimpiade Barcelona 1992. Selain itu, dirinya juga sudah mengoleksi 13 keping emas di sepanjang sejarah SEA Games, sudah tampil di Asian Games saat masih kelas 2 SMP.

2. Stephanie Handojo, Olimpiade London 2012

Stephanie Handojo dipercaya untuk mewakili Indonesia sebagai pemegang obor Olimpiade London 2012. Stephanie berhasil menyisihkan ribuan anak di dunia dan terpilih menjadi 20 anak yang tampil pada acara olimpiade bergengsi.

Stephanie akan mengusung obor Olimpiade London dengan menempuh jarak sejauh 300 meter, namun panitia menetapkan sepanjang 600 meter yang harus dibagi bersama 10 orang lainnya yang dimulai dari London Road, Catlle Market Road dan berakhir di Old Market Square di pusat kota.

Stephanie menjadi anak penyandang tunagrahita pertama yang menjadi pembawa obor pesta olah raga terbesar di dunia itu. Stephanie merupakan seorang atlet dari cabang olahraga renang. Bahkan, dirinya pernah meraih medali emas Special Olympic Games 2011 di Athena pada cabang renang.

3. Bambang Pamungkas, Olimpiade London 2012

Bambang Pamungkas juga pernah terpilih menjadi salah satu wakil pembawa obor Olimpiade London 2012 dari kalangan atlet.

Bambang Pamungkas atau biasa dikenal dengan panggilan Bepe ini merupakan atlet dari cabang olahraga sepak bola. Bepe yang pernah lama menjabat sebagai kapten tim Persija maupun Timnas Indonesia membawa obor di Kota Manchester.

Baca juga: Sejarah “api abadi” obor Olimpiade

Baca juga: Jadwal selancar ombak di Olimpiade Paris 2024

Baca juga: Jadwal angkat besi di Olimpiade Paris 2024
 

Pewarta: Sri Dewi Larasati
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024

What do you think?

Written by Julliana Elora

Lirik lagu “Menunggumu” dari NOAH

Tendangan taekwondoin Pelatda PON XXI Sumsel