in

Audun Kvitland, Pelantun ”Nasi Padang” Berkunjung ke Kota Padang

Santap Kuliner Minang, Diperkenalkan Wisata Padang

Masih ingat dengan bule asal Norwegia bernama Audun Kvitland Rostad? Ya, dia adalah musisi yang menciptakan lagu khusus tentang Nasi Padang beberapa waktu lalu. Kemarin (3/11) dia berada di Kota Padang hingga tiga hari ke depan. Bagaimana keseruannya di ibu kota Sumbar ini?

Suasana Rumah Makan Lamun Ombak di Jalan Khatib Sulaiman, Kota Padang, begitu ramai, Sabtu (3/12) siang. Selain melayani rombongan Menteri Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur, rumah makan itu kedatangan tamu spesial, musisi sekaligus pencipta lagu Nasi Padang, Audun Kvitland Rostad.

Audun bersama rombongan datang sekitar pukul 13.15. Kedatangannya disambut oleh pemilik Rumah Makan Lamun Ombak, H Agus Edi. Banyak pandangan mata melihat ke pria yang berpakaian kemeja biru dan celana pendek cokelat itu.

Mengetahui yang berkunjung pencipta lagu Nasi Padang yang sempat memuncaki tangga lagu Indonesia Viral 50 milik Spotify Indonesia seminggu setelah dirilis itu, Audun pun dikerubungi para pengunjung lainnya untuk berfoto.

Tanpa ragu, Audun melayani setiap pengunjung yang hendak berfoto ria dengan dirinya. Bahkan sedang makan pun tetap dilayaninya dengan ramah.

Saat santap siang itu, Audun sendiri menyantap nasi plus randang dengan minuman jus pokat dan buah naga. Impiannya pun terwujud untuk menyantap nasi Padang di Kota Padang sendiri. 

“Lewat lagu Nasi Padang, saya tidak menyangka akan diundang ke Kota Padang. Saya senang dan excited sekali berkunjung ke kota ini. Its really funny,” kata Audun Kvitland Rostad, saat diwawancarai Padang Ekspres, kemarin. 

Audun mengatakan, dirinya tiba di Indonesia setelah melewati perjalanan yang melelahkan pada Jumat (2/12). Sebelum ke Kota Padang, dia sempat tampil membawakan lagu Nasi Padang dalam acara makan malam yang diselenggarakan Kedutaan Besar Norwegia di Indonesia. 

“Saya baru sampai tadi pagi (kemarin, red) di Padang. Setelah bertemu Wali Kota Padang, istirahat sebentar di hotel. Dilanjutkan menyantap nasi Padang dengan rendang tentunya,” kata Audun.

Pria bule itu mengaku sangat menyukai masakan Padang. “Tadi saya mencoba rendang yang memang makanan terlezat di dunia. Kemudian, dendeng dan green chili (samba lado). O ya, tadi juga mencoba jengkol,” ucapnya.

Dalam schedule Pemko Padang hingga 6 Desember mendatang, selain disuguhkan kuliner khas Minang, juga diperkenalkan tentang pariwisata Sumbar. Selain santap siang di RM Lamun Ombak, Audun pada Sabtu sore dijadwalkan menikmati es durian, makan malam di kawasan Simpang Kinol.

Pada Minggu (4/12), kunjungan ke Museum Adityawarman, menghadiri pembukaan Festival Budaya Antar Bangsa dan gelar budaya dan malamnya tampil pada gala dinner. 

Juga dijadwalkan kunjungan ke Pasar Pagi Tanah Kongsi, audiensi dengan Gubernur Sumbar dan syuting di Rendang Ika Boga. Pada 6 Desember mendatang, Audun bertolak ke Jakarta.

Audun sendiri bercerita sempat shock ketika lagu Nasi Padang ciptaannya menjadi hits di viral media sosial. Berkat lagu itu pula dirinya hangat dibicarakan di dunia maya. 

“Saya tidak membayangkan Nasi Padang yang saya buat dengan iseng jadi hits. Apalagi, banyak komentar lucu dan positif tentang lagu itu di media sosial,” tutur Audun.

Menurut Audun, lagu itu diciptakannya berawal dari liburan musim panas di Indonesia. Selama Juli hingga September lalu, dia menjelajahi berbagai tempat di negeri ini. 

“Setelah puas berjalan-jalan, saya menghabiskan hari-hari terakhir di Jakarta. Di sana saya bertemu dengan makanan pencuri hati, Nasi Padang. Rasanya itu, lho. Benar-benar unik, pedas, dan sulit dilupakan,” kata Audun seraya mengatakan tak hanya cinta Nasi Padang tapi juga Indonesia.

Sehabis berkunjung ke Kota Padang, sebut Audun, dirinya kembali bertolak ke Jakarta. “Di Ibu Kota itu, saya sudah menjadwalkan bintang tamu talkshow di beberapa stasiun televisi dan mengunjungi beberapa objek wisata,” tutur penghobi travelling dan fotografi ini.

Dia juga menargetkan akan menciptakan sejumlah lagu, setelah lagu Nasi Padang. “Mudah-mudahan itu terwujud,” ucapnya.

Sementara itu, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno dalam akun facebooknya yang diunduh Jumat (2/12) menulis: menghadiri undangan makan malam dari Kedutaan Besar Norwegia. Dalam kesempatan itu, bertemu dengan artis yang tenar dengan lagu Nasi Padang, Audun Kvitland.

Orang nomor satu di Sumbar itu juga menulis Kvitland akan mengunjungi Kota Padang selama 3 hari, dan akan disuguhi makanan kesukaannya, dan tentu saja kuliner khas Minang lainnya, serta diperkenalkan tentang pariwisata di Sumbar. Diharapkan Kvitland bisa menjadi endorser yang baik tentang pariwisata Sumbar, karena beliau pun hobi travelling.

Seperti diketahui, Audun lewat grupnya Kvitland diketahui mengarang sebuah lagu tentang kecintaannya pada Nasi Padang. Lagu yang diunggah pada 4 Oktober 2016 ke YouTube itu sempat menghebohkan dunia maya. 

“Hai nama saya Audun, saya berasal dari Norwegia. Musim panas lalu saya jalan-jalan ke Indonesia selama beberapa minggu. Seketika itu saya jatuh cinta. Jadi saya membuat lagu ini,” kata Audun, mengawali lagunya yang berjudul Nasi Padang. 

Dalam urutan liriknya, Audun bercerita momen menyantap makanan khas Padang, Sumatera Barat itu. Dia menulis lirik sederhana dengan diiringi nuansa pop yang easy listening. 

Pada pertengahan liriknya, saking sukanya, Audun mengatakan bakal menikahi Nasi Padang bila makanan itu seorang perempuan. Dia menilai hidup belum lengkap jika belum menikmati Nasi Padang. “Bila kau adalah manusia, aku akan menikahimu,” lantunnya.

Kalimat sambal hijau dan kobokan pun tidak lupa dimasukkan Audun dalam lagu yang berdurasi 3 menit 10 detik itu. Audun juga menambahkan cara memakan Nasi Padang yakni memakai tangan. Oh, nyami. (*)

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

QS: An-Nisa ayat 8

Jalan Malalak-Bukittinggi Putus