in

Bangkit Melalui Jihad Iqtishadi

MEDAN ( Berita ) : Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumut bersama Ivan Iskandar Institute, akan menggelar dialog publik, bangkit melalui jihad iqtishadi (ekonomi). Rencananya kegiatan itu akan dilaksanakan tanggal 28 Januari 2017.
Ketua Komisi Ekonomi dan Pemberdayaan Umat MUI Sumut yang juga Ketua Kadinsu Ivan Iskandar, Selasa (24/1), mengatakan acara dialog publik akan dilaksanakan di Gedung “Operation Centre Ivan Iskandar Institute” Jl. Sei Petani.

Katanya, kegiatan ini dilaksanakan didasar ibahwa ekonomi (Iqtishadi) sebagai pra syarat mutlak dalam pelaksanaan ajaran Islam. Sementara jiwa entrepreneurship (kewirausahaan) yang dinilai belum tinggi dikalangan umat Islam.

Maka dengan kebangkitan Indonesia, muncul semangat kebangkitan umat dalam bidang ekonomi (Iqtishadi). Sesungguhnya, ekonomi yang menjadi prasyarat pelaksanaan ekonomi Islam, tidak terbatas pada perbankan, tetapi semua sektor kehidupan sebagai bangsa dan umat.

Diskusi, juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran umat dalam jihad iqtishadi. Kemudian memperluas koridor pemahaman ekonomi Islam pada sektor-sektor yang lebih luas, termasuk etos kerja, keterampilan dan wawasan kerjasama ekonomi dikalangan umat. “Kegiatan diharapkan membentuk instrument jihad iqtishadi, sejalan dengan kebangkitan Indonesia (seperti toko, asuransi, bank, peneliti,dan segala yang dibutuhkan umat,” katanya.

Sedangkan narasumber dalam kegiatan ini,di antaranya Dewan Pertimbangan MUI Sumut Dr. H. Maslin Batubara. “Peserta sebanyak 50 orang, dari tokoh Islam, praktisi ekonomi Islam, pengusaha muda muslim, tokoh wanita, tokoh pemuda, dan praktisi serta entrepreneurship Islam,” sebutnya.(WSP/m37/B)

What do you think?

Written by virgo

Rute Transjakarta ke Kawasan Cibubur Kembali Dibuka

Ini Jawaban Aminullah Terkait Pemerintahan Bersih, Berwibawa dan Pemberdayaan Gampong