in

Banyak Wanita Salah Kaprah Gunakan Masker Kecantikan

Sejak dahulu, para wanita telah menggunakan masker kecantikan untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Namun ternyata, banyak wanita salah langkah dalam menggunakan masker kecantikan. Menurut dokter kecantikan, masker yang dipakai terlalu lama justru menghilangkan kelembaban alami wajah. 

Sedangkan selama ini, banyak orang memperlama pemakaian masker dengan dalih mendapatkan hasil yang maksimal. “Memakai masker sebaiknya 30 menit saja. Pemakaian yang terlalu lama justru akan menarik kelembaban alami wajah,” ujar dokter kecantikan Kardiana Purnama Dewi, seperti dilansir dari CNN Indonesia.

Wanita yang juga berprofesi sebagai dosen tersebut menjelaskan kalau fungsi utama pemakaian masker adalah untuk menambah kadar air dalam wajah. Namun, bila dipakai melebihi waktu yang dianjurkan, masker akan bersifat sebaliknya.  Sementara terkait jenis masker yang dapat digunakan semalaman atau sleeping mask, Kardiana menjelaskan masker tersebut mengandung kadar pelembab yang lebih tinggi, sehingga tidak membahayakan kulit.

Kardiana mengatakan, selama masker digunakan sesuai dengan anjuran durasi pemakaian maka frekuensi menggunakan masker bukan jadi soal. Tapi, untuk masker dengan fungsi berat seperti untuk mengencangkan kulit, pemakaian setiap hari tidak disarankan. “Kalau hanya untuk melembabkan saja tidak apa-apa. Tetapi jika komposisi masker terlalu berat, dua kali dalam sepekan saya rasa cukup,”

Lebih lanjut ia menjelaskan sebelum memakai masker ada dua hal yang perlu diperhatikan. Pertama, kulit yang sedang mengalami peradangan atau iritasi sebaiknya tidak menggunakan masker. Jika tetap ingin menggunakan, Kardiana menyarankan untuk memilih bahan yang ringan dan tidak menambah iritasi, seperti menggunaan sumber alami. Bila masker ternyata menggunakan bahan kimia, ada baiknya mengetes terlebih dahulu di bagian ujung telinga. Bagian ini adalah daerah kulit paling sensitif sehingga bila terjadi iritasi, akan dapat segera diketahui. 

Kedua, jenis kulit juga menjadi faktor pertimbangan selanjutnya. Kardiana mengatakan bagi yang memiliki kulit rentan berjerawat harus selektif dalam memilih jenis masker. Masker dengan kandungan lidah buaya dapat menjadi pilihan mereka yang kerap bermasalah dengan jerawat.

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Kalah di Leg Kedua, Atletico Tetap Lolos ke Perempat Final

Flu Burung, Unggas di Kebun Binatang Rusia Dimusnahkan