in

Bawaslu Sumbar Monitoring Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS Kota Padang

Monitoring putung suara di Kota Padang dipimpin Plh Kabag Hukum, Humas, Data, dan Informasi Bawaslu Sumbar, Nurelida AMd, beserta staf.

PADEK.CO— Bawaslu Provinsi Sumbar melakukan monitoring pemungutan dan penghitungan (putung) suara di berbagai kota kabupaten di Sumatera Barat. Monitoring putung suara di Kota Padang dipimpin Plh Kabag Hukum, Humas, Data, dan Informasi Bawaslu Sumbar, Nurelida AMd, beserta staf.

Usai melihat pencoblosan dan penghitungan suara di beberapa TPS di Kecamatan Padang Barat, Padang Timur, dan Kuranji Nurelida menyampaikan pesan kepada masyarakat agar terus mengawal jalannya pemungutan dan penghitungan suara.

“Kita harus tetap memilih dengan datang ke TPS sesuai jadwal yakni pukul 07.00-13.00 WIB, dan mencoblos sesuai dengan hati, tanpa paksaan dari pihak manapun untuk memilih calon tertentu,” ujar Nurelida, Rabu (14/2/2024).

Tak lupa ia berpesan, jika melihat ada pelanggaran saat pemungutan dan penghitungan suara, masyarakat dapat merekam, memfotonya (menyertakan bukti-bukti) dan melaporkan kepada Pengawas TPS yang sudah ditempatkan oleh Bawaslu.

Bawaslu akan terus mengawasi berlangsungnya Pemilu serentak 2024 agar tidak terjadi kecurangan selama penyelenggaraannya.

“Pengawasan ini termasuk adanya keputusan pemungutan dan penghitungan suara hari ini,” ujarnya.

Rombongan Bawaslu Sumbar di bawah koordinator Nurelida juga memonitoring sepanjang perjalanan kertas suara yang telah dicoblos itu hingga diserahkan ke KPU Kota Padang.

“Kita bersama team dari Bawaslu Sumbar selama 3 hari ini, atau hingga 16 Februari akan terus memonitoring pelaksanaan ini, sampai nanti kertas suara diserahkan ke KPU. Kami pertegas lagi bahwa Bawaslu harus bernyali dalam menindak pelanggaran yang dilaporkan masyarakat, agar Pemilu benar-benar bersih tanpa kecurangan,” ungkap Nurelida. (hsn)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Hasil Quick Count Menang Satu Putaran, Prabowo Sujud Syukur

Anies-Muhaimin Ungguli Prabowo-Gibran di TPS 02 dan TPS 03 Painan Timur