in

Beberapa Hal yang Perlu Kamu Waspadai Jika Terlalu Sering Begadang

Tidak jarang saat begadang, kita sering melakukan kegiatan yang menghibur diri menurut individu masing – masing. Hal ini sangat menambah keasikan kita sampai tidak terasa terlewat waktu tidur yang seharusnya butuh porsi 7 – 8 jam untuk mengembalikan kebugaran tubuh di pagi hari. 

Dari menonton televisi atau film, chatting di media sosial, sampai ngobrol sambil ngopi bersama teman – teman adalah hal  lumrah yang dilakukan saat begadang. Kadang juga ada momen lucu ketika salah satu teman ingin berpamitan pulang dan menyudahi acara begadang bareng, malahan itulah yang membuatnya mendapat ejekan “anak mama” karena jam begadang dinilai masih lama dan terlalu sore untuk  berpamitan pulang.

Namun dibalik kesenangan pribadi atupun secara berkelompok itu kadang tak ternilai harganya, ternyata ada kemungkinan – kemungkinan buruk yang dapat terjadi pada kita jika intensitas “begadang” kita lakukan terlalu sering. Mungkin di usia yang masih remaja hal ini tidak menjadi masalah, namun perlu diwaspadai ketika kita sudah menginjak umur 35 tahun keatas. Berikut beberapa gangguan kesehatan yang patut kamu waspadai.

Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah penyakit yang disebabkan oleh penimbuunan lemak di pembuluh arteri jantung atau  asteroklerosis yang memnyebabkan aliran darah ke jantung menjadi terganggu. Hal ini juga berhubungan bagi kamu yang merasa mengalami obesitas. Dan berolahraga adalah alasan sangat tepat untuk menjaga kesehatan jantung dan mengontrol kadar lemak di tubuh.

Hipertensi

Yang kedua ini juga sama berbahayanya ketika kamu sering melakukan aktifitas begadang di malam hari. Jenis gangguan kesehatan ini adalahh awal pendorong dari penyakit jantung. Dan efeknya bisa berujung pada kematian jika penyakit ini bertambah parah. Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi dimana meningkatnya tekanan darah pada dinding arteri atau pembuluh darah bersih. Hal ini menyebabkan jantung menerima pasokan darah yang berlebih.

Baca Juga: Tips Mengatasi Insomnia (Susah Tidur)

Obesitas

Yang ketiga adalah kondisi yang bisa menjadi sumber dari bermacam penyakit. Obesitas adalah suatu kondisi dimana terdapat penimbuna lemak dalam tubuh yang berlebih yang dikarenakan pola makan dan istirahat yang tidak benar. Obesitas pada seseorang terjadi karena terjadi pembiaran pada seseorang terhadap kebiasaan buruk pada dirinya dalam jangka waktu yang lama dan kurangnya aktifitas seperti olahraga, yang menyebabkan kadar lemak dalam tubuh sulit terkontrol. 

Maka dari itu, dari sekarang sebisa mungkin kurangillah kegiatan – kegiatan yang kurang bermanfaat seperti begadang demi kesehatan. Mungkin jika dilakukan sesekali untuk refreshing atau untuk mengerjakan sesuatu yang penting tidak masalah. Namun kesehatan adalah investasi pribadi dan sangat perlu diperhatikan. Apapun yang menjadi penyakit kita, kitalah yang akan menanggungnya sendiri. Jadi lebih berhati – hatilah dalam mengatur pola makan dan istirahat serta sering berolahraga agar kebugaran tetap terjaga tanpa ada pengeluaran tak terduga untuk pengobatan gangguan kesehatan dalam tubuh kita yang sebenarnya bisa dicegah lebih awal.

What do you think?

Written by virgo

UNICEF Tents Help Keep Children Learning

Lesbi Pembunuh Sadis Menangis saat Reka Ulang