in

Belajar Berwirausaha: Mengenal 6 Usaha Bisnis Kuliner Yang Menguntungkan

Seperti yang kita tahu bahwa kondisi ekonomi sekarang ini telah mengalami penurunan, sehingga tidak bisa kita pungkiri jumlah usaha mulai menurun. Ditengah kondisi tersebut, muncul usaha yang terus mengalami perkembangan. Usaha apakah itu? Usaha itu adalah bisnis kuliner.

Yang menjadikan usaha ini terus berkembang adalah karena kebutuhan makanan adalah kebutuhan pokok yang diperlukan dalam kehidupan setiap orang. Sehingga usaha kuliner ini bisa tetap berkembang. Dengan modal yang kecil sampai menengah, usaha kuliner jika dikelola dengan baik akan memberikan hasil keuntungan cukup menjanjikan.

Namun, untuk mendapatkan hasil yang menjanjikan juga diperlukan kepiawaian untuk mengelolanya karena terkadang usaha ini memiliki kekurangan tersendiri. Misalnya, sudah banyak orang menjalankan usaha kuliner ini, dimulai dari usaha berdagang di lapak, toko online, sampai restoran cepat saji dan restoran mewah lainnya. Sehingga tingkat persaingannya juga tinggi.

Berwirausaha dalam bidang kuliner merupakan usaha yang berjalan dibidang makan dan minuman. Jadi, segala sesuatu yang menyediakan makanan dan minuman dalam bentuk variasi lainnya, juga termasuk dalam usaha kuliner. Usaha kuliner dengan modal kecil sampai menengah diantaranya:

Berwirausaha Dengan Kuliner Tempat Makan

Seperti namanya, jenis usaha ini menyediakan produk usaha makanan dengan tempat menyantapnya secara langsung. Usaha jenis ini, sering kita sebut dengan itilah RM (Rumah Makan). Perlu kita tahu usaha kuliner tempat makan ini, memiliki beberapa tingkatan usaha. Untuk usaha kuliner dengan tingkat menengah sampai besar, misalnya restoran rumah makan yang megah ataupun juga kafe yang ada ditempat-tempat pusat belanja yang banyak diketahui masyarakat sekitar.

Kalau kita lihat, tentu berbeda dengan usaha kuliner dengan modal yang kecil. Besar tempat dan keuntungan yang dimiliki juga berbeda. Namun, dengan pengelolaan dan pengalaman yang baik bisa membuat usaha modal kecil ikut bersaing dalam pasar ekonomi. Dibeberapa tempat, usaha modal kecil ini juga menyediakan tempat khusus makan dengan fasilitas yang baik dan menu makan yang bervariasi.

Berwirausaha dengan Aneka Roti dan Kue Basah.

Akhir-akhir ini, salah satu sarapan yang sudah menjadi makanan favorit adalah roti. Usaha ini juga memiliki beberapa tingkatan yang berdasarkan cara penjualannya. Besar atau kecilnya modal yang dikeluarkan tentu juga dipengaruhi oleh strategi penjualan yang dilakukan. Usaha roti dan kue ini juga memiliki beberapa tingkatan yang berbeda-beda berdasarkan modal yang dikeluarkan.

Sering kita lihat bahwa usaha roti dan kue ini selalu memiliki tempat atau toko untuk melakukan penjulan yang tentunya membutuhkan modal yang besar. Namun, ada cara yang bisa kita lakukan untuk melakukan penjualan. Bagaimana caranya?

Berwirausaha tentu harus memiliki jalan lain untuk melakukan penjualan, apalagi usaha kuliner dibidang roti dan kue ini yang umumnya mempunyai toko.  Usaha itu bisa dilakukan melalui usaha keliling, menyimpan atau menitip di warung, menjadi distributor pemasok roti dan kue. Strategi penjualan yang dilakukan seperti tadi merupakan langkah yang sering dilakukan oleh usaha keliling sebagai jalan lain untuk memasarkan usahanya tanpa harus memiliki ataupun menyewa toko.

Berwira Usaha Dengan Aneka Katering.

Tujuan dari usaha katering ini adalah pemenuhan kebutuhan makanan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, pernikahan, ulang tahun ataupun berbagai acara lain yang memiliki banyak tamu undangan. selain dari itu, usaha katering ini juga memenuhi kebutuah makanan sebuah perusahaan, sekolah atau juga kelompok tertentu yang memerlukan usaha kuliner ini.

Ditengah pemenuhan kebutuhan sehari-hari, usaha katering ini juga terus mengalami perkembangan seiring dengan kebutuhan konsumen. Bisa kita lihat sendiri, sudah muncul beberapa katering yang menyediakan kebutuhan khusus atau sering kita juga sebut Katering spesialis. misalnya katering khusus diabtes, yang pemenuhannya khusus untuk menyediakan makanan rendah gula bagi orang yang memiliki penyakit diabetes. Ada juga katering khusus penyediaan makanan organik, dan ada juga katering khusus untuk pemenuhan kebutuhan bayi atau anak-anak.




Dilihat dari jumlah persediaan yang cukup besar, memang memerlukan modal yang tidak sedikit untuk menjalankanya. Namun, bagi anda yang ingin menjalankan usaha ekonomi mikro, maka katering box atau tempat rantangan adalah salah satu pilihan yang tepat.

Berwirausaha Melalui Jajanan Gerobak.

Seperti namanya, usaha ini menjajakan berbagai variasi makanan atau minuman menggunakan gerobak tetapi usaha ini bukan berarti harus dilakukan dengan mendorong gerobak. Berwirausaha melalui usaha jajanan ini bisa mengajak orang untuk bekerjasama terkhusus untuk melakukan penjualan.

Usaha ini tidak selalu dilakukan dengan cara berkeliling menjajakan makanan. Usaha ini juga ada yang dijual ditempat strategis untuk menetap atau biasa juga kite sebut dengan Mangkal. Usaha kuliner ini sudah banyak yang berkembang bahkan menjadi salah satu makanan favorit oleh banyak orang. Misalnya, usaha gerobak mi ayam, siomay, bakso, bubur ayam, sate ayam dan usaha ini terus mengalami perkembangan dengan kemunculannya yang beragam.

Kalau kita lihat, jenis usaha kuliner ini termasuk dalam skala usaha mikro, tetapi jika dikembangkan dengan cara yang tepat akan membuat usaha ini memiliki  banyak cabang dan jumlah gerobaknyapun juga akan mengalami perkembangan.

Meskipun tergolong dalam tingkat usaha mikro dengan modal yang kecil, hasil dari keuntungan usaha kuliner ini tidak bisa kita kesampingkan. Bukan tidak mungkin, nantinya usaha ini akan menjadi usaha yang termasuk dalam skala besar.  Cerita inspirasi sukses dari usaha kuliner kecil ini sudah anda sering dengar, bukan?

Berwira Usaha Dengan Variasi Minuman.

Minuman dapat dibuat dengan ide kretaif dan dijual dengan harga yang cukup murah, sehingga Usaha Minuman ini banyak ditemukan diberbagai tempat. misalnya, minuman botol, juz, aneka es, dan masih banyak lagi. Jenis usaha ini bisa kita variasikan dengan berbagai usaha lainnya seperti jajanan gerobka, tempat makan atau katering. Contoh usaha ini seperti bisnis kopi dan kue donat. Strategi penjualan usaha kuliner minuman ini, bisa anda pilih apakah caranya fokus terhadap produksi ataupun atau penjualnnya dan bisa juga sekaligus.

Bisa dibilang peluang untuk menjalankan usaha ini masih besar, karena dihasilakn oleh ide kreatif yang bayak disukai di pasaran. Usaha jenis ini memiliku tigkat skala yang berbeda-beda tergantung dari banyaknya modalyang kita butuhkan. Misalnya, usaha khusus kedai juz yang umumnya membutuhkan modal sekitar Rp.3-10 juta.

Berwirausaha dengan Makanan Ringan (snack)

Jenis ini sudah banyak sekali ragamnya, jenis usaha kuliner ini menghasilkan produk berupa makan kering atau (snack). Jenis usaha ini misalnya usaha rumahan dan usaha pabrik. Hasil produksi makanan rumuhan ini seperti, variasi keripik seperti pisang, kue kering, kerupuk, dan masih banyak lagi produk usaha lainnya. Untuk usaha rumahan pada umumnya proses pembuatan produksinya mengguankan alat-lata rumahan. Jenis usaha skala ini memang berbeda dengan usaha pabrik yang pembuatan makanan ringan dibuat dengan mesin khusus.

fasilitas khusus yang digunakan di usaha pabrikan terhitung lebih cepat, efektif, dan efisien dengan hasil yang baik pula. Misalnya keripik kentang. Akan tetapi, baik keripik buatan pabrik maupun olahan rumahan tetap punya pelanggan masing-masing. Meskipun diolah dengan mesin, masing-masing usaha ini tetap mempunyai komsumen masing-masing. Untuk skala dari usaha ini, bahwa usaha rumahan termasuk dalam usaha kecil serta serta usaha pabrik masuk dalam usaha menengah atau besar.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Mengenal 3 Manfaat Profesi Berwirausaha Sejak Dini

Sukseskan Pilkada Serentak 2020, KPU Terima Catatan dan Masukan