in

Bos Baru Garuda Bakal Kaji Ulang Biaya Operasional

Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Pahala N Mansury mengaku akan meninjau biaya operasional dan keuangan perseroan di tahun pertamanya menjabat. Ia bermaksud agar operasional dan keuangan maskapai penerbangan pelat merah itu dapat mendulang untung dan semakin kuat. 

Pahala resmi menjabat sebagai orang nomor satu di Garuda Indonesia setelah ditunjuk Menteri BUMN Rini Soemarno pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), Rabu (12/4). Sebelumnya, ia menjabat sebagai salah satu direktur di PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. “Dari sisi biaya-biaya yang kami bisa review (kaji) ulang dan hal lain dalam jangka satu tahun, perlu review dari sisi operasional, fleet, dan rute,” kata Pahala saat mendatangi Kantor Pusat Garuda Indonesia di Cengkareng, mengutip Antara, Rabu (12/4) malam.

Ia mengatakan, ingin memastikan presentase dari seluruh rute penerbangan Garuda Indonesia harus menguntungkan dan meningkat. Menurutnya, perlu dibuat program berjangka, baik 3-6 bulan, satu tahun, serta 3-5 tahun untuk memastikan kondisi operasional dan keuangan perusahaan semakin kuat.

Selain efisiensi biaya, Pahala mengklaim, akan mengoptimalisasi armada pesawat yang ada saat ini dan rute-rute penerbangan bersama tim baru. Tim baru yang dimaksud, antara lain Puji Nur Handayaini dan Nina Sulistyowati sebagai direktur. “Pendapatan per penumpang industri penerbangan turun signifikan, karena persaingan tentuya. Bagaimana bisa mengoptimalkan pendapatan melalui strategi pricing (harga), distribusi, termasuk juga meningkatkan profitabilitas dari rute yang ada,” terangnya.

Pahala juga memaparkan strategi lainnya untuk meningkatkan pangsa pasar Garuda, baik di tingkat domestik maupun internasional. Misalnya, mengintegrasikan Garuda dengan anak usahanya, seperti Citilink, dalam menggelar program menarik, seperti akumulasi jarak tempuh penumpang (mileage). “Saat ini sudah ada inisiatif, misalnya mileage. Loyalty program yang dimiliki saat ini juga sudah mulai tersambung dan akan terlihat bagaimana integrasi tersebut kami tingkatkan lagi,” pungkasnya. 

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

QS. Al Hajj: 58

Polisi Buru Pria Misterius