in

BPBD OKU padamkan karhutla di Tanjung Baru

Baturaja (ANTARA) – Tim Satgas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Desa Tanjung Baru agar tidak menyebar luas hingga menimbulkan bencana kabut asap.

Manager Pusdalops BPBD OKU Gunalfi di Baturaja, Sabtu, mengatakan karhutla yang terjadi pada Jumat (15/9), sekitar pukul 18.50 WIB tersebut menghanguskan lahan seluas 2 hektare (ha) milik warga di wilayah itu.

“Untuk penyebabnya masih belum diketahui. Dugaan sementara berasal dari puntung rokok yang dibuang warga sembarangan di lahan kering,” katanya.

Selain lahan pertanian, dampak yang ditimbulkan dari kebakaran lahan tersebut yaitu terbakarnya 10 unit rumah kosong di perumahan sekitar lokasi karena api menyambar ilalang dan pepohonan yang sudah kering dan ditambah faktor angin kencang.

Pihaknya menerjunkan puluhan personel satgas karhutla yang berjibaku untuk memadamkan api.

Hanya saja, kata dia, proses pemadaman sempat terkendala lokasi titik api yang jauh dari sumber air sehingga menyulitkan petugas untuk memadamkan api.

Selain itu, kondisi jalan yang susah ditempuh oleh mobil tangki suplai air karena kondisi lahan yang terbakar di wilayah perbukitan.

Meskipun demikian, petugas di lapangan tetap berjuang menuju lokasi untuk memadamkan api agar tidak menyebar luas hingga masuk ke permukiman penduduk sekitar.

“Api baru berhasil dipadamkan dan selesai dilakukan proses pendinginan pada pukul 20.30 WIB,” ujarnya.

Hingga saat ini, pihaknya masih menyiagakan personel 1×24 jam di lokasi bencana untuk mengantisipasi kemunculan titik api yang dapat memicu karhutla.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Liga Golf Junior wadahi talenta pegolf Indonesia dari beragam level

Pegulat Muba sabet emas