in

BPDPKS latih ratusan petani sawit di Sumsel tingkatkan hasil panen

Palembang (ANTARA) – Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) melatih sebanyak 144 orang petani sawit yang berasal dari dua kabupaten di Sumatera Selatan diberikan edukasi pelatihan dalam meningkatkan produktivitas hasil perkebunan kelapa sawit.

Direktur Perlindungan Perkebunan, Ditjen Perkebunan – Kementerian Pertanian Hendratmojo Bagus Hudono, di Palembang, Selasa, mengatakan pelatihan tersebut bertemakan Panen dan Pascapanen peserta dari dua kabupaten, terdiri dari 56 orang petani asal Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dan 88 orang asal Kabupaten Muara Enim, Sumsel

Kegiatan ini merupakan lanjutan dalam peningkatan kompetensi petani kelapa sawit, melalui program pengembangan Sumber Daya Manusia Perkebunan Kelapa Sawit (SDMPKS) yang diinisiasi Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) dan Direktorat Jenderal Perkebunan – Kementerian Pertanian dengan mengikutsertakan Akademi Komunitas Perkebunan Yogyakarta (AKPY – STIPER) sebagai penyelenggara pelatihan yang menghadirkan instruktur berpengalaman.

Menurut dia, peningkatan dan pengembangan sumber daya manusia adalah faktor kunci keberhasilan perkebunan kelapa sawit berkelanjutan.

“Semata-mata untuk kemajuan perkebunan kelapa sawit di kemudian hari. Salah satunya melalui kegiatan pengembangan sumber daya manusia perkebunan kelapa sawit, yang diikuti oleh petani kelapa sawit,” ujarnya.

Ia mengatakan pengembangan SDMPKS itu alam rangka mewujudkan kualitas kelapa sawit yang ada di lapangan. Pada tahun 2024, pihaknya telah membuka peluang kepada dinas perkebunan provinsi dan kabupaten.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Dave ingin Prawira Harum lakukan hal istimewa pada laga terakhir

Pelatih sebut kedisiplinan bawa Pelita Jaya tundukkan Prawira