in

Bus Trans-Padang Koridor 2 & 3, Resmi Lintasi Bungus dan Nanggalo. Ini Rute Lengkapnya

PADEK.CO–Bus Trans-Padang Koridor 2 Bungus Teluk Kabung dan Koridor 3 Nanggalo, resmi melintasi rute barunya, Senin (11/12/2023). Di penghujung masa jabatannya, Wako Padang Hendri Septa meresmikan trayek baru angkutan massal murah meriah yang diasuh Perumda Padang Sejahtera Mandiri (PSM) itu.

Koridor 3 Bus Trans-Padang bergerak pukul 06.00 Wib dari RTH Imam Bonjol – BNI 46 Simpang Dobi – Hotel Truntum Inna Muara – Jl Hayam Wuruk – Jl Samudera – Pangerans Beach Juanda – Lolong – Kantor Camat Padang Utara – Halte Khatib Sulaiman – Lapai – ITP – Jl Kurao Pagang – Jalan Maransi – Bypass RS Siti Rahmah – Balai Kota Padang – Jl Lolong Karan – Jl Raya Siteba – Jl Jhoni Anwar Lapai – Jl Khatib Sulaiman – Jl Ujung Gurun – Jl Veteran – Jl Olo Ladang hingga RTH Imam Bonjol.

Sedangkan Koridor 2 Bungus Teluk Kabung bertolak dari RTH Imam Bonjol ke Jl Thamrin, Jl St Syahrir, Lantamal Bypass, Pasar Gaung, Pantai Nirwana, Pelabuhan Penyeberangan ASDP Bungus, SMAN 11, balik menuju Jl Niaga, Jl Cokroaminoto, Jl Pulau Karam, Jl Batang Arau, Jl Nipah, SMKN 9, hingga RTH.

Wako Padang Hendri Septa menjelaskan, kehadiran koridor 2 dan 3 ini merupakan bagian dari program unggulan Pemerintah Kota Padang 2019-2024 di bidang transportasi.

“Upaya ini bertujuan untuk meningkatkan kemajuan daerah dan pelayanan bagi masyarakat,” ujarnya, Senin siang (11/12).

Penambahan dua koridor ini, Trans-Padang kini memiliki 6 koridor yang menyediakan layanan transportasi umum berkelanjutan.

Kadis Perhubungan Kota Padang, Ances Kurniawan, dalam sambutannya menekankan penambahan 2 koridor baru ini, dapat mengurangi ketergantungan pada angkutan pribadi, mengurangi kemacetan, dan mengurangi polusi udara,” tambah Ances.

Tarif yang terjangkau juga menjadi salah satu daya tarik, dengan harga Rp5 ribu untuk rute Bungus Teluk Kabung dan Rp1.500 untuk mahasiswa dan pelajar.

Koridor 2 dan 3 Diresmikan, Dirut PSM Resign

Di saat hingar-bingar peresmian Koridor 2 dan 3 Trans-Padang itu, tidak terlihat sosok Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Umum Daerah Padang Sejahtera Mandiri (Perumda PSM) Rico Rahmadian Albert.

Saat dikonfirmasi, Rico Rahmadian Albert dirinya telah rrsign dari Perumda PSM. “Ya, saya telah mengundurkan diri dari PSM,” ucapnya via sambungan telepon, Senin (11/12).

Rico Rahmadian Albert menjelaskan, resign dirinya tidak ada hubungan dengan peresmian Koridor 2 dan 3 Trans Padang.

“Berhentinya saya dari PSM tidak ada hubungan dengan peresmian Koridor 2 dan 3. Di tangan saya, sejak Oktober 2023, PSM sudah mencatat laba pada saat ini. Selain itu, Koridor 1 sampai 6 telah lengkap dibuka semuanya,” paparnya.

Rico Rahmadian Albert meminta yang diekspose cukuplah tentang peresmian Koridor 2 dan 3. “Cerita tentang pengunduran diri saya, akan saya infokan sekitar dua hari yang akan datang,” tambahnya.

Ketua Komisi IV DPRD Padang Mastilizal Aye, saat dikonfirmasi tentang resign Rico Rahmadian Albert sebagai Dirut PSM, mengaku tidak tahu.

“Jujur saya tidak tahu tentang berhentinya beliau, rekan-rekan media lah yang menginformasikan,” ujar Aye saat ditemui di sela-sela acara.

Di sisi lain Mastilizal Aye menambahkan, dengan adanya koridor 2 dan 3 Trans Padang dapat mengakomodir transportasi publik yang murah untuk warga kota.(hsn)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Banjir Bandang Rusak 38 Rumah di Bayua, Di Palupuah 2 Rumah Tertimpa Longsor 

Penobatan Duo Rajo dan Niniak Mamak, Dihadiri Rajo Pagaruyuang dan Rajo Negeri Sembilan