in

Cara efektif berhenti dari ketergantungan obat penenang

Cara efektif berhenti dari ketergantungan obat penenang

Bagi anda yang mudah stress dan mengalami gangguan kecemasan serta gangguan tidur biasannya anda mengkonsumsi obat dari dokter berupa obat penenang. Obat penenang di gunakan untuk mempengaruhi sistem saraf pusat, yaitu memperlambat aktivitas otak sehingga seseorang yang mengkonsumsinya bisa merasakan rasa tenang dan relax. Untuk jangka pendek obat penenang memang efektif untuk mencegah kecemasan berlebih atupun gangguan tidur tetapi dalam jangka panjang banyak sekali jenis obat penenag bisa mengakibatkan ketergantungan. Jika terlalu lama mengkonsumsi obat kimia yang di khawatirkan adalah berefek negative bagi organ tubuh kita.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengurangi atau bahkan berhenti dari ketergantungan obat :

  • Olahraga
  • Dilansir dari Exercise Right, setelah 1 minggu mulai rutin berolahraga, anda akan mulai merasakan perubahan fisik dan mental. Tubuh anda akan mulai menghasilkan lebih banyak energi. Beberapa orang juga merasa percaya dirinya meningkat dan gejala-gejala depresinya berkurang. Dalam waktu 2-4 minggu, olahraga yang teratur akan membuat kekuatan dan kebugaran pada tubuh meningkat dan bisa terlihat jelas.
    Banyak dari kita yang malas olahraga, memulainya memang sulit dan harus di paksa (harus di paksa minimal 15 menit sehari lakukan selama 1 bulan) Saat berolahraga Otak akan memproduksi endorfin dan BDNF. Endorfin adalah senyawa yang dapat meredakan stres, meningkatkan konsentrasi, meningkatkan suasana hati jadi bahagia serta meredakan nyeri. Saat suasana hati mulai senang karena endorphin disitulah kita akan mulai menemukan minat untuk berolah raga. Kemudian, BDNF adalah senyawa yang membantu menguatkan syaraf otak yang membuat anda bisa cepat nangkap dalam belajar. 

  • Tunda atau perpanjang waktu minum obat
  • Misal anda minum obat sekali sehari malam hari pukul 19.00 maka esok harinya anda minum pukul 20.00 esoknya lagi pukul 21.00 dan seterusnya sampai dua hari sekali, 3 hari sekali dan seterusnya.

  • Kurangi takaran obat
  • jika penundaan minum obat kurang efektif atau bahkan mengganggu tidur anda maka sertai penundaan minum obat dengan pengurangan dosis sedikit demi sedikit, misal kurangi seperempat untuk satu minggu pertama, setengah untuk satu minggu berikutnya dan seterusnya

  • Meditasi     
  • Banyak cara untuk bermeditasi, anda boleh menggunakan cara meditasi apa saja yang menurut anda nyaman. Berikut ini adalah salah satu cara bermeditasi :
    Duduk bersila di kamar (pastikan di tempat yang tenang, boleh dimana saja tapi tempat yang aman dan nyaman, jika ada keluarga yang berpotensi berisik dan mengganggu lebih baik ajak sekalian untuk meditasi), tangan saya pertemukan didada seperti pada waktu ingin berdoa, lalu berdoa, setelah doa selesai teruskan dengan meditasi yaitu fokus pada tarikan dan hembusan nafas anda (bernafas seperti biasa saja) jika pikiran kita lari, atau melayang tidak apa-apa cepat kembali lagi fokus pada nafas. Lakukan hal ini 15 menit sebelum tidur, jika dirasa sulit untuk sampai 15 menit lakukan bertahap dari 5 menit, 10 menit dan seterusnya jika bisa 30 menit itu lebih bagus. Jika sudah terbiasa lakukan juga waktu bangun tidur. Setiap orang mungkin akan mengalami perubahan dan kemajuan yang berbeda-beda karena banyak faktor.  

Ingat bahwa segala sesuatunya butuh tekat dan usaha yang keras, serta yakin bahwa kita bisa, tanpa itu niscaya semuanya bisa berjalan seperti apa yang kita harapkan.

Dalam melakukan langkah-langkah untuk berhenti dari ketergantungan obat ini lebih baik jika anda diskusikan terlebih dahulu dengan Dokter.

Selamat mencoba !!!!

 

kamu juga bisa menulis karyamu di vebma,dibaca jutaan pengunjung,dan bisa menghasilkan juta rupiah setiap bulannya,

What do you think?

Written by Julliana Elora

Dibutuhkan Banyak Pahlawan untuk Perangi Kemiskinan

Ini dia Guys 6 Tanda jika pasangan kalian Punya Cinta yang Romantis :)