in

Dandrem 044 Gapo Pimpin Rapat Pengendalian Karhutla

BP/IST
Komandan Korem 044/Gapo Brigjen Tni Jauhari Agus Suraji S.I.P, S.Sos

Palembang, BP

Komandan Korem 044/Gapo Brigjen Tni Jauhari Agus Suraji S.I.P, S.Sos pimpin rapat membahas upaya pengendalian kebakaran hutan dan lahan, kamis (9/7).

Bertempat di Ruang Rapat BPBD Prov. Sumsel Jl. Gubernur H. Asnawi Mangku Alam Kec. Sukarami Kota Palembang, dilaksanakan Rapat Membahas Upaya Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan masing masing OPD dan Lintas Sektor Terkait yang dipimpin Danrem 044 Gapo Brigjen Tni Jauhari Agus Suraji S.I.P.,S.Sos. selaku Dansatgas Karhutla.

Hadir dalam kegiatan rapat, Lo BNPB Udara Marsma Tni (Purn) Emmanuel Sugiharto, Lo BNPB Darat Brigjen Tni (Purn) Antoni Simamora, Kasiopsrem 044/Gapo Kolonel Inf Ari Sudarsono, Kepala Biro Ops Polda Sumsel

Kombes Pol. Drs. DjiHartono, Kepala Dinas Kehutanan Sumsel Pandji Thajanto, Kepala Dinas Perkebunan  Sumsel diwakili  Zulkipli, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumsel diwakili Yosi Utami, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Sumsel diwakili Deri Sahid, Kepala Dinas Kesehatan diwakili Bukori, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika  Sumsel diwakili  Andi, Kepala Satuan Pol PP Sumsel diwakili Kabid Damkar Samudin, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Sumsel diwakili Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Sumsel Iriansyah, Kepala Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Karhutla Wilayah Sumatera, Kepala Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan Sumatera Seksi Wilayah III Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI diwakili  Heriyanto, Ketua Tim Restorasi Gambut Daerah Provinsi Sumsel Dharnia. Koordinator BMKG Provinsi Sumatera Selatan Nandang.P, Ketua APHI Sumatera Selatan diwakili  Nanda, Ketua GAPKI Sumatera Selatan diwakili Anwar, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten OKI  Ihwan Setiawan, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten MUBA diwakili  Fadli, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Banyuasin diwakili  Gatot.S, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Muara Enim Abdurozieq, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten PALI  Junaidi, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Musi Rawas Eko Setiawan, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Musi Rawas Utara, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten OKU, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten OKU Timur  Iswandi.

Danrem 044/Gapo pada paparannya menyampaikan, “Kita kembali Koordinasi rapat Karhutla tingkat Provinsi dengan Subsatgas Darat dan Udara, untuk Satgas Udara sudah menjalankan Patroli Udara dan sudah ada beberapa titik Api yang di temukan. Setiap hari saya selalu memantau memantau dari Satelit dan hasilnya ada beberapa Hotspot kebakaran, dan saya memerintahkan Babinsa untuk mengecek ke Lapangan hasilnya ada beberapa yang mengadakan pembakaran,” katanya..

Stake Holder Gabungan berperan dalam Canal Blocking, CSR dengan fokus pemberdayaan ekonomi masyarakat. Berbagi Sumber daya yang dimiliki perusahaan untuk bantuan Masyarakat (Misal Alat berat untuk buka lahan), Serius dengan program Desa Peduli Api (Fasilitas Masyarakat misalnya), Perbanyakan menara pantau Api, Kesiapsiagaan Personel Satgas Karhutla milik Perusahaan.

“Tidak hanya fokus pada Lahan usaha perusahaan, tapi juga lahan yang ada di sekitar perusahaan. Perbanyak jumlah sumur bor sebagai antisipasi kekeringan dan juga sebagai cadangan air khususnya dititik rawan terjadiny Karhutla. Kita harus mempertanggung jawabkan Struktur Satgas yang sudah di buat dari Gubernur Prov Sumsel terkait permasalahan Karhutla ini,” katanya. #osk

What do you think?

Written by Julliana Elora

Menristek: Tipe virus corona Indonesia sama dengan Wuhan

Kapolda Sumsel Raih Penghargaan Dari LEMKAPI