in

David Moyes Mundur dari Sunderland

Manajer Sunderland David Moyes mengundurkan diri menyusul terdegradasinya klub itu dari Liga Inggris musim ini. Hal itu dipastikan manajemen klub pada awal pekan ini seperti dilansir dari BBC Sport. Sebelumnya, setelah dipastikan terdegradasi, mantan manajer Everton dan MU itu menegaskan akan tetap menjadi arsitek Sunderland musim depan. Namun setelah musim kompetisi 2016/17 berakhir pria Skotlandia itu memutuskan untuk hengkang.

“Saya akan berterima kasih kepada (ketua) Ellis Short dan dewan karena memberi kesempatan kepada saya untuk melatih Sunderland dan para penggemar yang selalu mendukung klub mereka dengan sepenuh hati,” kata Moyes (54) dalam pernyatannya. “Saya mendoakan yang terbaik untuk para pemain dan suksesor saya dalam upaya-upaya mereka untuk kembali promosi ke Liga Inggris.” 

Sunderland menyelesaikan musim dengan menghuni posisi juru kunci di klasemen, dengan koleksi 24 angka setelah hanya meraih enam kemenangan dalam 38 pertandingan, dengan catatan 29 gol. Sunderland dipastikant terdegradasi setelah dikalahkan AFC Bournemouth pada 29 April silam. Musim ini sendiri menandai keempat kalinya Sunderland terdegradasi di era Liga Primer yang telah berlangsung sejak 1992 silam. 

Selain Sunderland, tim lain yang kerap naik turun Liga Primer divisi Championship adalah Crystal Palace dan Norwich City. Terakhir kali Sunderland degradasi adalah pada musim 2005/2006 silam. Cuma semusim di Championship, mereka kembali ke level teratas di 2007/2008. Dalam periode 10 tahun di Premier League sejak saat itu, posisi terbaiknya adalah finis ke-10 pada 2010/2011.

Bagi Moyes terdegradasinya Sunderland itu pun menambah daftar kesialan dirinya dalam karier sebagai juru taktik sejak memutuskan hengkang dari Everton. Moyes yang sempat menjadi salah satu manajer berpengaruh di Inggris kala menukangi Everton, berubah jadi pesakitan ketika menerima pinangan Manchester United pada musim 2013/14 silam. Dia dipecat dari MU pada April 2014 dan kemudian mencoba peruntungan di Real Sociedad. Ternyata nasib Moyes di klub La Liga Spanyol itu pun tak mulus.

Setelah sempat menganggur, Moyes dipercaya menangani Sunderland pada awal musim ini. Dia menggantikan Sam Allardyce yang sudah membawa Sunderland kembali ke Liga Primer pada April 2014. Pria yang dijuluki Big Sam itu menyerahkan tongkat manajerial Sunderland kepada Moyes karena saat itu ia ditunjuk jadi manajer timnas Inggris—kini posisinya diganti Gareth Southgate. Big Sam sendiri saat ini merupakan Manajer Crystal Palace.

Di bawah binaan Moyes, Sunderland tak bermain cukup apik. Tim tersebut berada di zona degradasi sejak September tahun lalu. Setelah itu, terutama setelah dimulainya paruh musim kedua, Sunderland kesulitan keluar dari posisi juru kunci. 

LOGIN untuk mengomentari.

What do you think?

Written by virgo

Cabut Banding Ahok dan Sosok Tenang Veronica Tan

Polisi Sikat Pesta Seks Gay