in

Dengar Anjing Menggonggong, Pemilik Rumah Malah Temukan Bayi di Teras di Kampung Rawa Gemulau

PESSEL, METRO–Bayi berjenis kelamin perempuan ditemukan tan­pa pakaian di teras rumah warga di di Kampung Rawa Gemulau, Kenagarian Simpang Lama Inderapura, Kecamatan Pancung Soal, Kabupaten Pesisir Selatan pada Minggu (9/1) sekira pukul 03.00 WIB.

Kuat dugaan, bayi malang itu sengaja ditinggalkan dan ditelantarkan oleh orang tuanya di depan rumah warga. Beruntung, pemilik rumah yang menemukan bayi itu, langsung memberikan pertolongan dengan memberinya badung sebagai penghangat dan susu.

Tak lama berselang, Polisi yang mendapat laporan adanya penemuan bayi, langsung datang ke lokasi. Bayi itu selanjutnya dibawa ke Puskesmas terdekat untuk dilakukan pemeriksaan medis. Namun, pemilik rumah ternyata meminta untuk merawat dan memesarkan bayi tersebut.

Kapolsek Panso (Pancuang Soal), AKP Dedy Arma melalui Wakapolsek Iptu Darmawangsa mengatakan, penemuan bayi itu di depan rumah milik Marlis Candra.  Awalnya, istri pemilik rumah mendengar gonggongan keras anjing peliharaannya.

“Curiga, istri pemilik rumah yang bernama Nurilas bangun dan mengajak anaknya keluar rumah. Sampai di pintu rumah, keduanya melihat seorang anak bayi tanpa pakaian dengan posisi terlentang berjenis kelamin perempuan,” kata Iptu Darma­wangsa.

Ditambahkan Iptu Darmawangsa, istri pemilik rumah Nurilas dan anaknya membawa bayi ke dalam rumah dan memberikan pakaian atau dibedong dan memberitahukan kepada suaminya untuk selanjutnya diberi susu. Setelah itu, pihaknya mendapatkan informasi dari pemerintah Nagari dan pihak kecamatan, lalu langsung mendatangi rumah keluarga penemu bayi.

“Kami kemudian membawa anak tersebut ke Puskesmas Inderapura untuk dilakukan visum luar. Dari hasil koordinasi dengan pihak Puskesmas Indrapura, bayi dalam ke­adaan sehat dan tidak ada di temukan tanda-tanda kekerasan di tubuhnya,” tutur Iptu Darmawangsa.

Untuk sementara bayi perempuan tersebut dirawat di Puskesmas Inderapura menunggu konfirmasi selanjutnya dari Dinas Sosial Pessel. Namun, keterangan keluarga penemu bayi juga berkeinginan untuk merawat dan memelihara bayi dimaksud, tapi mereka juga melakukan koordinasi dulu dengan Dinas Sosial.

“Kami sangat berterima kasih sekali kepada keluarga penemu bayi, karena cepat mengambil tindakan serta keikhlasannya untuk memelihara dan merawat bayi. Terkait siapa orang tua bayi itu, kami masih lakukan penyelidikan apa modus sampai menelantarkan bayi tersebut dan kami mengimbau kalau ada informasi silahkan hubungi kami,” tutupnya. (rio)

What do you think?

Written by virgo

Bongkahan Batu Raksasa Runtuh dan Timpa Perahu, 7 Orang Tewas

Presiden Minta BKKBN Pastikan Percepatan Penurunan Stunting Tepat Sasaran