in

Desa Betumonga di Pagai Utara Terisolir

MEMPRIHATINKAN: Kondisi jalan yang sempit dan sulit dilewati menuju Desa Betumonga di Kecamatan Pagai Utara.(ARIF RD/PADEK)

Masyarakat di Desa Betumonga, Kecamatan Pagai Utara, masih menanti kenyamanan jalan yang baik dan kondusif. Selain itu, Desa Betumonga masih terisolir, tanpa akses yang menghubungkannya dengan desa-desa tetangga seperti Silabu dan Saumanganya, yang semuanya berada di Kecamatan Pagai Utara dan sangat terdampak oleh tsunami Mentawai tahun 2010.

Esto, 35, salah seorang warga Desa Betumonga menyampaikan kekhawatirannya saat diwawancara oleh wartawan belum lama ini. Dia menunjukkan bahwa banyak daerah di Kecamatan Pagai Utara masih belum terhubung satu sama lain. Dari pemukiman Huntab di desa Betumonga, dia mengatakan bahwa mereka terpaksa harus kembali sekitar 6 kilometer ke jalan utama Sikakap-Silabu.

“Melihat peta, jarak antara desa Betumonga dan desa Silabu cukup dekat. Namun, tidak ada akses langsung yang menghubungkan kedua daerah tersebut. Selain itu, jalan menuju desa Betumonga dari simpang jalan Sikakap-Silabu dalam kondisi buruk,” ujarnya.

Selama musim hujan, jalan tersebut menjadi sangat sulit dilalui, yang membuat para pengendara semakin kesulitan. Selain itu, jalan semakin menyempit karena semakin banyak rerumputan dan tanaman di pinggiran jalan. Dia berharap bahwa pemerintah daerah akan mengatasi masalah ini.

“Kami menyadari bahwa desa Betumonga memiliki potensi besar dalam bidang pertanian dan produksi buah-buahan. Namun, tantangan utama yang dihadapi oleh masyarakat adalah kurangnya aksesibilitas akibat kondisi jalan yang buruk,” paparnya.

Upaya mengkonfirmasi kondisi tersebut, Kepala Bidang Bina Marga di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kepulauan Mentawai, Rifki Eriawan, yang dihubungi tidak menjawab teleponnya, kemarin.

Namun, berdasarkan informasi yang ditemukan dari Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten Kepulauan Mentawai tahun 2023, belum ada proyek pembangunan jalan atau tender di Kecamatan Pagai Utara, khususnya di Desa Betumonga dan Desa Silabu. (rif)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Tahapan Belum, Hibah Wajib Dianggarkan

Diduga Hendak Tawuran, Seorang Pelajar Diamankan di Kecamatan Padang Timur