in

Di Arena Penas KTNA, Hendri Septa Sosialisasi Agar Petani Bisa Akses Modal KUR

PADEK.CO-Pemerintah Kota Padang telah menandatangani komitmen bersama Kementerian Pertanian (Kementan) dalam penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) khusus bidang pertanian tanpa agunan sebesar Rp50 miliar pada 9 Juni 2023 lalu.

Agar petani mendapatkan pemahaman tentang KUR tersebut, Wali Kota Padang Hendri Septa hadir membuka Sosialisasi KUR Program Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan RI).

Sosialisasi dilakukan di panggung utama arena Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan (Penas KTNA) ke-XVI, kawasan Lanud Sutan Syahrir, Tabing, Padang, Rabu (14/6/2023).

Hendri Septa mengatakan beberapa waktu lalu pemko telah menandatangani komitmen bersama Kementan dalam upaya penyaluran KUR sektor pertanian.

“Hari ini kita gerak cepat, mumpung lagi Penas Tani, para petani berkumpul. Kita adakan sosialisasi bagaimana mereka mendapatkan KUR ini melalui instansi perbankan yang ada,” ujar Hendri Septa.

Wako Hendri Septa menambahkan dengan adanya KUR ini diharapkan dapat membantu para petani mendapatkan akses permodalan sekaligus mengembangkan usaha pertanian yang mereka miliki.

“Kota Padang ini memiliki 5.214 hektare lahan dilindungi dan petani sebanyak 15 ribu orang. Dengan adanya potensi luar biasa ini dibutuhkan intervensi penguatan modal dari berbagai pihak. Mudah-mudahan dengan bantuan ini diharapkan pertanian Kota Padang semakin maju, mandiri dan modern,” pungkasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pertanian Kota Padang Yoice Yuliani, sosialisasi ini diiku oleh peserta 600 orang, yang terdiri dari petani bidang tanaman pangan, tanaman hias, kelompok wanita tangguh (KWT), petani manggis, Dinas Pertanian dan OPD terkait.(rel/esg)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Sekjen Gerindra Ingatkan Kadernya tak Membully Capres Ganjar dan Anies

Dukungan Standardisasi Baterai Molis Kian Luas, Pabrikan makin Optimistis