in ,

Diajak Doni Tangani Covid-19 di Jatim, Ini Kejutan Bagi Andani

Tugas mulia Kepala Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) Padang, Dr Andani Eka Putra dalam membantu penanganan Covid-19 di Surabaya, Jawa Timur, mendapatkan apresiasi dan kejutan dari berbagai pihak.

Selain dari Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nasional Letjen TNI Doni Monardo,  Andani juga diapresiasi Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Widodo Iryansyah dan para Duty Manager Garuda Indonesia di Surabaya, Jakarta dan Padang.

Doni Monardo meminta Pelaksana Tugas Deputi III Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Dody Ruswandi untuk menyiapkan tiket pesawat kelas bisnis untuk Andani pada setiap penugasan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nasional.

“Dr Andani telah sukses menangani Covid-19 di Sumatera Barat (Sumbar). Kesuksesan itu agar ditularkan ke provinsi-provinsi lain yang pasien Covid-19 masih tinggi seperti Jawa Timur (Jatim), Sulawesi Selatan (Sulsel), dan Kalimantan Selatan (Kalsel),” ujar Doni, Minggu (19/7/2020).

Mantan Danjen Kopassus itu menambahkan jika semua pihak terkait kompak menangani Covid-19, maka masalahnya akan berkurang secara drastis.

“Masyarakat dapat kembali beraktivitas dengan melaksanakan protokol kesehatan secara ketat dan konsisten,” tukasnya.

Pakar Komunikasi Aqua Dwipayana berterima kasih kepada Doni Monardo yang responsif dengan  langsung menyetujui usulannya untuk menyiapkan tiket kelas bisnis setiap Andani bertugas terkait urusan BNPB.

Hal itu diyakininya akan menambah semangat Andani bertugas ke berbagai provinsi karena Doni mengapresiasinya.

“Itu bukti nyata bahwa Pak Doni sangat terbuka menerima semua masukan dan jika positif langsung disetujui. Juga beliau mengapresiasi berbagai karya yang memberi banyak manfaat pada sesama,” tambah Aqua yang mendampingi Doni kunjungan kerja ke Jatim dan Sulsel pekan kemarin.

Rindu Keluarga dan Tim

Sebelumnya, Aqua diminta Doni membantu kelancaran perjalanan Andani dari Surabaya ke Padang. Andani sementara ini kembali ke Padang karena telah rindu dengan keluarga dan timnya di laboratorium yang bekerja membantu penanganan Covid-19 di Sumbar.

Pekan depan Andani mengirimkan tim asistensi ke Jatim dan menargetkan pemeriksaan 4.000 spesimen terkait Covid-19 di semua laboratorium pemko Surabaya.

“Tolong Pak Aqua bantu kelancaran dan kenyamanan perjalanan Dr Andani kembali ke Padang dari Surabaya,” pesan Doni.

Mendapat pesan itu, Aqua berkomunikasi dengan Vice President Ground Services Garuda Indonesia Engelin Yolanda Kardinal dan Andani.

“Sejak tadi malam kami sudah komunikasi. Hingga sore ini tetap kontak. Beliau memonitor saat Andani di Bandara Juanda, Bandara Soetta, dan BIM. Saya terus diinfokan perkembangannya,” kata Aqua.

Saat berada di lougne Bandara Juanda Surabaya, Andani dapat kejutan dari Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Widodo Iryansyah. Dua protokol dari Kodam V/Brawijaya mendatangi Andani dan menyampikan titipan berupa oleh-oleh dari Pangdam.

Andani yang sama sekali tidak menyangka dapat titipan dari Widodo, terlihat kaget. Apalagi kardusnya besar sehingga minta dimasukkan ke bagasi pesawat.

“Tolong sampaikan salam hormat dan ucapan terima kasih saya ke Pangdam V/Brawijaya Bapak Mayjen TNI Widodo Iryansyah. Insya Allah kami ketemu lagi,” ujar Andani kepada tim protokol dari Kodam.

Sebelumnya dalam perbincangan dengan Aqua, Widodo menyampaikan akan memberi oleh-oleh aneka makanan khas Surabaya kepada Andani buat keluarganya di Padang.

“Selama beberapa hari di Jatim, Pak Andani sudah banyak membantu. Kehadiran beliau membuat semua pihak yang terkait dengan penanganan Covid-19 jadi makin semangat,” ungkap  Widodo.

Ketika mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, di pintu pesawat Andani disambut Duty Manager Premium Service Hendri Siahaan dan diajak menuju lounge.

Saat santai di lounge, tiba-tiba protokol dari BNPB Naldi Mustafa Zahri menelepon Andani untuk mengantarkan oleh-oleh dari Letjen TNI Doni Monardo.

Begitu mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Padangpariaman, Andani disambut Duty Manager Garuda Indonesia Padang Salman Farisi di pintu pesawat.

Salman  didampingi staf yang lain untuk membantu membawakan barang Andini berupa oleh-oleh. Sementara staf yang lain mengambilkan satu bagasi Andani.

Aqua mengatakan, Minggu (19/7/2020) tidak akan pernah dilupakan Andini. Dari Surabaya sampai Padang dilayani bak pahlawan dengan mendapat banyak kejutan.

“Alhamdulillah. Tuhan kembali menunjukkan kebesarannya tentang dahsyatnya silaturahim tanpa pamrih. Semoga Andani dengan dukungan penuh keluarganya makin semangat membantu berbagai provinsi mengatasi Covid-19. Aamiin ya robbal aalamiin,” ucap Aqua.

Sebagaimana diketahui, kesuksesan Andani Eka Putra dan tim bersinergi dengan pemda dan stakeholder dalam penanganan Covid-19 di Sumbar, diapresiasi Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nasional Letjen TNI Doni Monardo.

Rabu hingga Sabtu (15-18/7/2020), Andani diajak Doni dalam kunjungan ke Jawa Timur (Jatim) untuk berbagi dengan para dokter dan tim medis bagaimana upaya dalam percepatan penanganan Covid-19. Provinsi tersebut saat ini tengah berjuang keras dalam menangani kasus Covid-19 yang tergolong tinggi.(esg)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Dewi Sutan Riska: Pelayanan Posyandu Tetap Berjalan

Cerita Cut Meyriska tentang pengalaman melahirkan saat pandemi