in

Dinsos akan Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis

Berdasarkan petunjuk Bupati dan Wabup, Sekretaris Daerah Kabupaten Dharmasraya, H Adlisman SSos MSi mengumumkan, bahwa operasi bibir sumbing gratis di Kabupaten Dharmasraya, 15 Agustus 2019 di RSUD Sungai Dareh. Kegiatan itu dimotori Dinas Sosial P3APPKB, bekerjasama dengan lembaga swadaya masyarakat (LSM) Smile Train Ardi Amsil dan Rumah Sakit Yos Sudarso Padang, gelar hhakti sosial dalam rangka operasi bibir sumbing secara gratis. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan memperingati kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, sebut Dwi Andayani, Kabid Rehab Perjamsos Dinas Sosial P3APPKB Kabupaten Dharmasraya Ketika dihubungi, Rabu (24/7).

Sesuai dengan surat yang dikeluarkan Sekdakab Dharmasraya Drs H Adlisman. SSos MSi tertanggal 24 Juli 2019, No: 465/454/SOSP3APPKB/ 2019, tentang pemberitahuan Bhakti sosial terhadap operasi bibir sumbing akan dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2019 bertempat di RSUD Sungai Dareh.

Maka dari itu bagi masyarakat yang berada dalam daerah, maupun di luar daerah Dharmasraya dapat mengikuti operasi bibir sumbing gratis dengan syarat, melampirkan foto copy kartu keluarga, foto copy KTP (bila ada) foto coppy akte kelahiran (bila ada).

Ia menyampaikan, panitia pelaksana akan menerima persyaratan, bagi peserta operasi bibir sumbing tersebut paling lambat 5 Agustus 2019. Untuk peserta operasi tidak dibatasi. Baik mereka berdomisili di wilayah Dharmasraya, maupun di luar Dharmasraya. Sekiranya ada dari pihak keluarga, maupun orang bersangkutan ingin koordinasi dan konfirmasi, dipersilahkan langsung datang ke Dinsos P3APPKB Dharmasraya.

Sedangkan pelaksana teknis dari operasi bibir sumbing gratis itu, merupakan Direktur RS Yos Sudarso Padang.

“Bagi siapa saja, berkeinginan untuk operasi bibir sumbing, silahkan mendaftar ke Dinsos P3APPKB Kabupaten Dharmasraya. Tanpa dipungut biaya,” ujar Dwi.

Ia menambahkan, kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama Pemkab Dharmasraya dengan LSM Smile Train sebagai penyandang dana. Sedangkan penyedia tenaga medis diambil alih oleh pihak Rumah Sakit Yos Sudarso dan Pemkab Dharmasraya sebagai fasilitator tempat dan sasaran.

Terpisah, Pekerja Sosial Smile Train Perwakilan Sumbar Ardi Amsil saat dikomfirmasi menjelaskan, Smile Train merupakan badan amal internasional yang memberikan operasi perbaikan sumbing secara gratis. Dan Smile Train sudah menjalankan misi kemanusiaan ini lebih di 85 negara.

“Maka dari itu, masyarakat Dharmasraya, khususnya penderita bibir sumbing, yang ingin mendapatkan layanan operasi gratis ini, silahkan laporkan ke Smile Train. Atau bisa juga melapor ke Bagian Kesra melalui rekomendasi camat. Persyaratannya tidak rumit, hanya perlu fotokopi KTP, KK, dan akta kelahiran jika ada,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesra, Syafruddin dalam mensosialisasikan program operasi gratis tersebut menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya sangat berterimakasih kepada Smile Train atas misi kemanusiaannya membantu penderita bibir sumbing di Dharmasraya untuk operasi gratis.

“Kami dari pemerintah daerah tentunya sangat mendukung misi ini, semoga terus berlanjut dimasa yang akan datang. Dan kepada segenap wali nagari, kepala jorong, agar menindakanjuti sosialisasi ini ke masyarakat di wilayah masing-masing. Agar banyak masyarakat yang tahu dan dapat menikmati manfaat layanan operasi bibir sumbing gratis ini,” ujarnya. (rel)


What do you think?

Written by virgo

Peringati Hari Anak Nasional ke 34, Disdik dan Himpaudi Gelar Parenting Class

5 Talent Liu Yifei Dibalik Film Mulan Yang Tidak Banyak Diketahui Orang