in

Disdik Kota Payakumbuh, 114 Pemenang Lomba Minat Bakat Raih Rp113 juta

BIKIN BANGGA: Ratusan siswa jenjang pendidikan setingkat
SD/SMP negeri dan swasta di Kota Payakumbuh berprestasi.(IST)

Ratusan siswa jenjang pendidikan dasar tingkat SD dan SMP negeri & swasta wilayah Kota Payakumbuh menerima penghargaan dan apresiasi Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), dan Olimpiade Sains Nasional (OSN) secara berjenjang, mulai dari tingkat kota, provinsi, dan tingkat nasional.

Rabu, 4 Januari 2023, Pj Wali Kota Payakumbuh Drs. Rida Ananda, M.Si, beserta Sekretaris Daerah didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Dr. Dasril, S.Pd, M.Pd dan tim Disdik Kota Payakumbuh memberikan apresiasi kepada para pemenang lomba minat, bakat, dan kreativitas siswa di Aula Ngalau Indah Balaikota Payakumbuh ex. Lapangan Poliko.

Hadiah diberikan kepada pemenang lomba jenjang SD dan SMP mulai dari tingkat kota, provinsi, sampai dengan tingkat nasional. Penerimaan dan apresiasi tersebut diperoleh dari dinas pendidikan melalui DPA bidang Dikdas Tahun 2022.

Bagi siswa yang mencetak prestasi dapat reward berupa hadiah uang pembinaan, sertifikat penghargaan, serta tropi diberikan langsung oleh Pj Wali Kota Payakumbuh. Dalam festival ini, ada beberapa cabang lomba yang diikutkan pada lomba FLS2N, yakni solo song, tari, kriya anyam, pantomim dan cerita bergambar, gitar duet, kreatifitas musik tradisional, dan desain poster.

Selanjutnya cabang lomba dalam bidang O2SN yakni karate, pencak silat, dan untuk cabang OSN, mata pelajaran yang diikuti di antaranya matematika, IPA, dan IPS. Pelaksanaan lomba ini sudah digelar pada bulan Juni s.d November 2022.

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota Payakumbuh, Drs. Rida Ananda, M. Si mengucapkan selamat kepada seluruh siswa dan kepala sekolah serta pegawai di lingkungan dinas pendidikan Kota Payakumbuh atas pencapaian dan penghargaan yang diperoleh hari ini.

Harapan kita, semoga kiprah dan peran sesuai fungsinya masing-masing menjadi lebih baik di masa yang akan datang. Beliau juga mengatakan orang hebat itu adalah orang yang bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya. “Maka tanam dan ciptakan lah hal-hal baik, sebab apa yang kita tanam, itulah yang akan kita tuai nantinya,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Dr. Dasril, S.Pd, M.Pd selaku kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh juga menyampaikan, dengan adanya momentum ini, diharapkan agar dapat menghasilkan anak-anak berprestasi di bidang akademik, olahraga, dan seni dan serta mampu berdaya saing nasional maupun global.

“Sebab kita yakin, setiap manusia punya kelebihan antar satu dengan yang lainnya, maka asahlah kelebihan tersebut. Melalui kegiatan ini, diharapkan menjadi ruang atmosfer lomba yang sehat dan bertumbuh dalam budaya yang saling asih dan asuh. Dukungan segenap pihak sangat diperlukan dalam menyiapkan peserta didik menjadi generasi bangsa yang kelak turut andil dalam kemajuan Indonesia,”ucapnya.

Berikut daftar sekolah yang memperoleh peringkat terbaik pada setiap cabang lomba FLS2N jenjang SD Tingkat Kota Payakumbuh Tahun 2022, yakni cabang vokal solo, peringkat I diperoleh Jovian Dwi Octo dari SD Negeri 21 Payakumbuh, peringkat II diperoleh Muhammad Latif Yudi dari SD Negeri 04 Payakumbuh, dan peringkat III diperoleh Sofi Widya Saciku dari SD IT IPHI.

Selanjutnya untuk cabang gambar bercerita, Peringkat I diperoleh Rafki Febriato dari SD Negeri 49 Payakumbuh, peringkat II diperoleh Najla Aqila Annisa dari SD Negeri 51 Payakumbuh, dan peringkat III diperoleh Beauty Jannatul Aqsha dari SD Negeri 22 Payakumbuh.

Lalu pada cabang pantomim, peringkat I diperoleh Radiv Nofri Yondi Dan Arsyad Abdurrahman dari SD Islam Raudhatul Jannah Kota Payakumbuh, peringkat II diraih Refan Tri Sanjaya dan Frans Diego Martin dari SD Negeri 46 Payakumbuh, peringkat III diraih Muhammad Al Fiki dan Farel Adelio SD Negeri 21 Payakumbuh.

Berikutnya untuk cabang seni tari diperoleh Danial Armia, M. Khaliq, dan Wafii De Zuhdii dari SD Negeri 61 Payakumbuh. Peringkat II diperoleh Zaskya Chumairo Malya, Azzam Aldino Rinaldi, dan Faris Aprilio dari SD Islam Raudhatul Jannah Kota Payakumbuh, dan peringkat III diperoleh Nugi Al Faro M. Azan dan Dion Ronwit dari SD Negeri 42 Payakumbuh.

Untuk kriya anyam, peringkat I diraih oleh Naura Hasna Humairah dari SD Negeri 02 Payakumbuh, peringkat II oleh Safa Balqis dari SD Negeri 01 Payakumbuh, dan peringkat III diraih Muhammad Zaki dari SD Islam Raudhatul Jannah Kota Payakumbuh.

Untuk jenjang SMP/MTs bidang FLS2N cabang vokal solo Peringkat I dari MTsN I Payakumbuh diraih oleh Tharisa Najwa Syifa, peringkat II dari MTsN II Payakumbuh diraih oleh Dzakiyyah Amirah Faatin, dan peringkat III diraih oleh Fatihah Imanda dari SMP Negeri 9 Payakumbuh.

Cabang gitar duet dari MTsN II Payakumbuh diraih oleh Marcel Dinata dan Surya Faza. Untuk peringkat I cabang kreativitas tari berasal dari SMPN 9 Payakumbuh diperoleh Chinta Tri Mahardika, Ridho Frasitio, Ghaitsa Al Zaira, Aldian Hendra Marza, Intan Nuraini. Peringkat II dari SMPN 2 Payakumbuh diperoleh Hamzarullah, Ziaul Ferdi Aljaizi, M. Ghaza Satria, Abdullah Rasyid, dan M. Arif.

Peringkat III dari SMPN 1 Payakumbuh diperoleh Shafa Sulthan Malano, Fahriel Vaniza, Keyne Chesta Adabi, Muhammad Alif H, dan Muhammah Hafizh Z. Cabang desain poster peringkat I Najwa Aura Insani dari SMP I Payakumbuh, peringkat II diperoleh Rhaysa Diva Septriani dari MTsN 2 Payakumbuh, dan peringkat III diperoleh Jingga Arneka Fitrah dari SMPN 9 Payakumbuh.

Untuk cabang kreativitas musik tradisional peringkat I berasal dari SMPN 4 Payakumbuh diperoleh Naylatul Fadhilah, Syifa Adzkia Rahma Zaras, Rafael Febrian, Nathan Praditys, dan Zaki Hadiyan Nayfal.

Peringkat II dari SMP Fidelis Payakumbuh diperoleh Miranda Adrevi Siahaan, Ranji Raja Salingka, Gaudensius Jese, Helzy Mayora Ranatalia L, dan Louis Anders Martheo. Peringkat III dari SMPN 9 Payakumbuh diperoleh Cantika Arumi Sari, Emil Dionova, Fattan Rezki Perdana, Nabil Rahman, dan Semi Cristiandry Tambunan.

Selanjutnya dalam bidang O2SN jenjang SD cabang karate putra, peringkat I diraih oleh Kalif Gibran Noveri dari Min Payakumbuh, peringkat II diperoleh M. Adip dari SDN 11 Payakumbuh, peringkat III ganda diperoleh M. Rakha Arayan dari SDN 51 Payakumbuh dan Jovian Dwi Okto dari SDN 21 Payakumbuh.

Cabang Karate Putri, peringkat I diperoleh Asifahul Qhairul dari SD Al-Huffazh, peringkat II diperoleh Vanchila Jovanka dari SDN 21 Payakumbuh, peringkat III diperoleh ganda Dayana Aqila dari SDN 17 Payakumbuh dan Aqila Khalisa dari SDN 21 Payakumbuh.

Cabang Pencak Silat putra peringkat I diperoleh Alvaro Dandes dari MIS Kotopanjang, peringkat II diperoleh M. Fauzan Maulana dari SDN 21 Payakumbuh, peringkat III diperoleh M. Faturrahman Akbar dari SDN 46 Payakumbuh. Cabang Pencak Silat putri peringkat I diperoleh Kirani Nurfadila dari SDN 46 Payakumbuh, peringkat II diperoleh Salsabilah dari SDN 32 Payakumbuh, peringkat III diperoleh Najwa Arraudoh dari SDN 21 Payakumbuh.

Untuk bidang O2SN jenjang SMP sederajat cabang karate putra peringkat I diperoleh Gema Awal Ramadhan dari SMP Islam Raudhatul Jannah, peringkat II diperoleh Kalvani dari SMP Negeri 1 Payakumbuh, peringkat III diperoleh Keyne Cesta dari SMP Negeri 1 Payakumbuh.

Selanjutnya cabang karate putri, peringkat I diperoleh Mifahul Jannah dari SMP Madani Payakumbuh, peringkat II diperoleh Rachel Nailsa Fairuz dari SMP Negeri 1 Payakumbuh, peringkat III diperoleh Intan Deswini Fitri dari SMP Negeri 1 Payakumbuh.

Dalam Cabang Silat putra, peringkat I diperoleh Haykal Hafizul Arifin dari SMP Raudhatul Jannah, peringkat II diperoleh M. Rafi dari SMP Negeri 9 Payakumbuh, peringkat III diperoleh M. Alif Hidayatullah dari SMP Negeri 1 Payakumbuh.

Untuk selanjutnya, cabang silat putri, peringkat I diraih oleh Alya Gabriel Mufassal dari SMP Madani Payakumbuh, peringkat II diperoleh Tiara Dwi Lusiana dari SMP Negeri 4 Payakumbuh, peringkat III diraih oleh Asyifatul Haniah dari SMP Negeri 3 Payakumbuh.

Berikutnya cabang OSN bidang IPA jenjang SD, peringkat I diperoleh Choliqsha Ulhaq dari SDS IT IPHI, peringkat II diperoleh Pratama Novita dari SDN 08 Payakumbuh, peringkat III diperoleh Aditia Okta Saputra dari SDN 29 Payakumbuh.

Bidang matematika peringkat I diperoleh Asyfatul Azren dari SDN 44 Payakumbuh, peringkat II diperoleh Innaya Qolbi dari SDN 38 Payakumbuh, peringkat III diperoleh Benny Julio Ilham dari SDN 08 Payakumbuh.

Selanjutnya untuk SMP bidang IPA peringkat I diraih oleh Jeanetta Nandiaty Djambek dari SMP IT Insan Cendekia, peringkat II diraih oleh Muhammad Nabil Fares dari SMP Insan Cendekia Excellent Payakumbuh, peringkat III diraih oleh Aldian Hendra Marza dari SMP Negeri 9 Payakumbuh.

Dalam Bidang IPS peringkat I diperoleh Farras Khairi dari SMP Negeri 4 Payakumbuh, peringkat II diperoleh Muhammad Zaky Fadilah SMP Islam Raudhatul Jannah Payakumbuh, peringkat III diperoleh Azifah Cahayani dari SMP Negeri 5 Payakumbuh.

Bidang Matematika, peringkat I diperoleh Bunga Felsa Arora dari SMP Negeri 4 Payakumbuh, peringkat II diperoleh Rajwa Khaira Mohede dari SMP Cahaya Islam, peringat III diperoleh Jourdi Pramudia dari SMP Negeri 9 Payakumbuh.

Untuk pemenang terbaik GSI tingkat kota jenjang SMP, yakni Muzakki Afif Indra dari SMP Negeri 1 Payakumbuh, Farraz Afriz dari SMP Negeri 1 Payakumbuh, Rahmatul Yusra dari SMP Negeri 2 Payakumbuh, Haziq Izzan Findra dari SMP Negeri 1 Payakumbuh, Ibrahim Alim Pramudia dari SMP Negeri 3 Payakumbuh, M. Fahri dari SMP Negeri 3 Payakumbuh, Wisnu Devis dari SMP Negeri 2 Payakumbuh, Radit Fernando dari SMP Negeri 1 Payakumbuh, Razif Al Rahman dari SMP Negeri 1 Payakumbuh, Nurul Huda dari SMP Negeri 4 Payakumbuh, dan Zafran Ribery dari SMP Islam Raudhatul Jannah Payakumbuh.

Pemengang lomba tingkat Kota selanjutnya berkompetisi ke tingkat provinsi dan nasional. Di mana dalam hal ini Kota Payakumbuh memperoleh peringkat terbaik II untuk lomba FLS2N cabang tari jenjang SD atas nama Zaskya Chumairo Malya, Azzam Aldino Rinaldi, dan Faris Aprilio dari SDI Raudhatul Jannah Kota Payakumbuh.

Kemudian untuk jenjang SMP juga memperoleh peringkat II untuk cabang O2SN bidang karate putri tingkat nasional atas nama Miftahul Jannah dari SMP Madani Kota Payakumbuh.

Untuk Juara II perorangan tingkat nasional memperoleh uang pembinaan sebesar Rp 5.000.000. Sedangkan untuk beregu juara II nasional memperoleh uang pembinaan sebesar Rp 7.500.000 beserta sertifikat yang terbitkan dan ditandatangani langsung oleh Mendikbud.

Di tingkat provinsi untuk cabang FLS2N bidang seni tari, Kota Payakumbuh memperoleh peringkat terbaik I yang diraih oleh Zaskya Chumairo Malya, Azzam Aldino Rinaldi, dan Faris Aprilio dari SD Islam Raudhatul Jannah Kota Payakumbuh.

Bidang gambar bercerita diperoleh Rafki Febriato dari SDN 49 Payakumbuh dan Najla Aqila Annisa dari SDN 51 Payakumbuh, serta terbaik bidang Kriya Anyam diperoleh Naura Hasna Humairah dari SDN 02 Payakumbuh.

Pemenang terbaik I FLS2N tingkat Provinsi jenjang SMP cabang musik tradisional diperoleh Naylatul Fadhilah, Syifa Adzkia Rahma Zaras, Rafael Febrian, Nathan Praditya, dan Zaki Hadiyan Nayfal dari SMPN 4 Payakumbuh.

Cabang desain poster diperoleh Najwa Aura Insani dari SMP Negeri 1 Payakumbuh. Selanjutnya pemenang O2SN tingkat provinsi cabang karate putri diperoleh Miftahul Jannah dari SMP Madani Payakumbuh, dan cabang silat putra diperoleh Haykal Hafizul Arifin dari SMP Islam Raudhatul Jannah Payakumbuh.

Untuk peserta terbaik GSI Tingkat Provinsi jenjang SMP diperoleh Ibrahim Alim Pramudia dari SMP Negeri 3 Payakumbuh, Farraz Afriz dari SMP Negeri 1 Payakumbuh, dHaziq Izzan Findra dari SMP Negeri 1 Payakumbuh, dan Muzakki Afif Indra dari SMP Negeri 1 Payakumbuh.

Untuk Pemenang OSN tingkat provinsi jenjang SMP bidang IPS diperoleh Farras Khairi dari SMP Negeri 4 Payakumbuh. Masing-masing peserta terbaik perorangan tingkat provinsi memperoleh uang pembinaan sebesar Rp 2.500.000 dan terbaik beregu tingkat propinsi memperoleh uang pembinaan sebesar Rp 5.000.000.

Pada kesempatan yang sama, Pj. Wali Kota Payakumbuh, Drs. Rida Ananda, M.Si didampingi Kadisdik Dinas Pendidikan, Dr. Dasril, S.Pd, M. Pd juga memberikan apresiasi dan penghargaan berupa dana dan sertifikat kepada empat orang pegawai Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh yang berkinerja terbaik, pegawai terinovasi, PPTK dengan persentase capaian anggaran tertinggi, PPTK dengan realisasi anggaran terbanyak di lingkup dinas Pendidikan Kota Payakumbuh.

Untuk kategori pegawai berkinerja terbaik diperoleh Irma Suryani, S.T sebagai analis perencana Dinas Pendidikan. Selanjutnya pegawai terinovasi diperoleh Efriyanti Harefa, S.Pd Sub Koordinator Program dan Keuangan Dinas Pendidikan.

Selanjutnya pegawai dengan persentase capaian anggaran tertinggi diperoleh Nelwita, SE, Kasi PNFI. Terakhir, sebagai PPTK dengan realisasi anggaran terbanyak diperoleh Dani Yuliadi, S.T, M.T, Sub Koordinator Sarpras Bidang Dikdas Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh.(***)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Tim Voli Pertamina Siap Berlaga di Proliga 2023, Diperkuat Pemain Timnas

Optimalkan Digitalisasi Pendidikan