in

Dominikus: Dinas Koperindag & UMKM Mentawai Fokus Bina Pelaku lUMKM

PADEK.CO–Pembinaan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Kepulauan Mentawai menjadi fokus Dinas Koperindag Kepulauan Mentawai. Sebab selama ini pelaku usaha UMKM masih minim pelatihan dan pemberdayaan usahanya.

Hal itu diungkap Plt Kadis Koperindag dan UMKM Mentawai, Dominikus Saleleubaja, Selasa (28/11). Tantangan utama pelaku UMKM juga minimnya sarana fasilitas pemberdayaan di Kepulauan Mentawai.

“Saat ini, kita lebih fokus menggerakkan sektor UMKM. Mereka selama ini, memiliki semangat usaha, namun, masih minim mendapatkan pelatihan dalam hal pengembangan usahanya,” ungkap mantan Kepala Bagian Kesra Mentawai tersebut.

Dia menyebut, hampir setiap tahun Dinas Koperindag Mentawai memberikan pelatihan, baik itu pelatihan pengolahan maupun pelatihan membuat kemasan produk usaha menjadi lebih menarik.

Ke depan, dia berharap, kepada anggota DPRD Kepulauan Mentawai melalui Pokok Pikiran (Pokir) untuk bisa memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM. Menurut dia, potensi pelatihan dan pengembangan sumberdaya pelaku UMKM sangat dibutuhkan dalam pengembangan usaha dan produktifitas usaha mereka.

“Kita berharap, kepada anggota dewan kita, tidak lagi semata fokus memberikan Pokir dalam bentuk barang atau benda. Pelatihan dan pembinaan terhadap pelaku UMKM juga bisa dilakukan lewat Pokir. Semoga, harapan ini bisa mendapat perhatian dari wakil rakyat kita,” pungkasnya.(rif)

What do you think?

Written by Julliana Elora

Wartawan Luak Limopuluah Belajar ke Riau

Andre Rosiade Keliling Tanahdatar Serap Aspirasi Masyarakat