in

Dua Program Makassar Tembus Top Inovasi Nasional

JAKARTA – Inovasi dan terobosan Pemerintah Kota Makassar yang menembus top inovasi nasional terus bertambah. Setelah sebelumnya pelayanan kesehatan gratis ke rumah selama 24 jam bertengger di inovasi top 35 nasional, kini dua program lain berhasil masuk pada top 99 nasional, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemempan RB).

“Pertama, sistem inovasi informasi pelayanan publik (Sinovik) dengan terobosan dongeng keliling (Dongkel) sebagai top 99 menuju top 40 nasional yang dikembangkan Dinas Perpustakaan Kota Makassar.

Kedua, program inovasi lorong sehat (Longset) yang menjadi terobosan Dinas Kesehatan Kota Makassar,” kata Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny ‘ Pomanto, saat mempresentasikan kedua program itu, di Kantor Kemenpan RB, Jakarta, Jumat (28/4).

Dalam mempresentasikan Sinovik dengan terobosan Dongkel sebagai top 99 menuju top 40 nasional, Wali kota Makassar didampingi oleh Kadis Perpustakaan kota Makassar Andi Siswanta. Menurut Danny, Dongkel inovasi Dinas Perpustakaan yang masuk ke dalam inovasi top 99 untuk tahun 2017 ini merupakan cara baru menarik minat baca para pelajar dalam membaca di perpustakaan keliling.

“Sebelum ada Dongkel, minat baca para pelajar sangat minim. Sesudah Dongkel diluncurkan, alhamdulillah minat baca meningkat jauh beberapa kali lipat. Ketika pendongeng membacakan cerita kepada para pelajar, cerita atau dongeng tersebut tidak dihabiskan, namun dianjurkan kepada para pelajar untuk mencari cerita lanjutannya sehingga minat baca pun menjadi tinggi,” ucap Danny.

Telah Terintegrasi

Selain Dongkel, menurut informasi yang disampaikan Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemkot Makassar, Firman H Paggarra, inovasi Pemerintah Kota Makassar lainnya yang masuk tahun ini adalah Longset. Longset merupakan program terobosan dari Dinas Kesehatan Kota Makassar yang telah terintegrasi dengan Lorong Garden (Longgar) dan Makassarta Tidak Rantasa (MTR).

Firman yang turut mendampingi Wali Kota Danny Pomanto berharap kedua program inovasi Kota Makassar ini tetap melaju ke top 40 dan menjadi program inovasi nasional.

“Dongkel datang, dongkol hilang, generasi cemerlang,” sela Firman sembari tersenyum sembari memohon doa dari seluruh warga dan segenap pegawai lingkup Pemkot Makassar. ril/N-3

What do you think?

Written by virgo

KPK Buru Miryam ke Bandung

18 Karya Seni dari Kardus Kreatif Dan Keren, Minat untuk menirunya?