in

Fernandez dominan di Le Mans, P5 untuk Pertamina Mandalika

Jakarta (ANTARA) – Rookie tim Red Bull KTM Ajo Raul Fernandez meraih kemenangan keduanya musim ini dengan penampilan gemilang di Grand Prix Prancis, Sirkuit Bugatti, Le Mans, Minggu.

Pebalap Spanyol itu mengonversi pole position perdananya menjadi dominasi di balapan kelima musim ini dengan memimpin sepanjang lomba di trek dengan kondisi yang mulai mengering setelah hujan pada pagi harinya.

Remy Gardner melengkapi pesta dengan membawa motor kedua tim Red Bull KTM Ajo finis runner-up dengan jarak 1,490 detik demi menjaga posisinya sebagai pemuncak klasemen dengan 89 poin, unggul satu poin saja dari Fernandez yang menempel di peringkat dua, demikian laman resmi MotoGP.

Baca juga: Fernandez rebut pole, Bendsneyder amankan P6 untuk Pertamina Mandalika

Marco Bezzecchi (Sky Racing Tam VR46) harus puas finis P3 setelah melakukan kesalahan di lap-lap terakhir yang membuatnya kehilangan satu posisi.

Tim Pertamina Mandalika SAG mengamankan hasil terbaiknya musim ini setelah Bo Bendsneyder finis P5 dan sempat bertarung untuk podium, meski rekan satu timnya, Thomas Luthi gagal menyelesaikan balapan setelah terjatuh ketika balapan menyisakan 11 balapan.

Bendsneyder, yang start cukup baik dari P6, sempat naik ke P3 pada lap ke-6 ketika sejumlah pebalap bertumbangan, seperti ketika Aron Canet terjatuh di lap pertama dan Joe Roberto tergelincir di lap ke-5 ketika bertarung untuk P2.

Baca juga: Jeblok di kualifikasi, duet Suzuki hadapi jalan terjal di GP Prancis

Pebalap Belanda itu mencoba bertahan dari serangan pemuncak klasemen sementara Gardner dan Toni Arbolino yang menempel ketat di belakangnya.

Namun dengan kondisi trek yang semakin kering dan sembilan lap tersisa, Garnder memiliki celah menyerang untuk menyalip Bendsneyder di Tikungan 11 demi mengamankan podium.

Tak lama berselang Arbolino juga menyalip pebalap bernomor 64 tersebut.

Baca juga: Statistik jelang Grand Prix Prancis di Le Mans

Bezzecchi melebar di Tikungan 8, memberi jalan ke Gardner untuk mengejar rekan satu timnya sang pebalap Australia tak memiliki cukup waktu dan harus puas finis runner-up.

Pebalap Inggris Sam Lowes terjatuh untuk kedua kalinya dalam tiga balapan terakhir sehingga posisinya melorot ke peringkat empat klasemen dengan 66 poin, sedangkan Bezzecchi naik ke peringkat tiga dengan 72 poin.

Bendsneyder kini menghuni peringkat 11 klasemen dengan 24 poin, sedangkan Luthi baru mengumpulkan satu poin di peringkat ke-27.

Baca juga: Cuaca buruk bisa rusak peluang Quartararo juara di Le Mans

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

What do you think?

Written by Julliana Elora

Bella Hadid ikuti aksi dukung Palestina di New York

Nets kalahkan Bulls, dekati posisi unggulan kedua di Timur