in

Filipina Akan Kembali Diterjang Topan

MANILA – Presiden  Rodrigo Duterte pada Senin (2/11) menyatakan bahwa sebuah topan yang amat kuat akan kembali mendekati Filipina. Peringatan Presiden Duterte itu disampaikan usai amukan Topan Goni yang mengakibatkan ratusan ribu warga Filipina dievakuasi dan merenggut nyawa sebanyak 20 orang.

“Topan lain yaitu Atsani dengan kekuatan embusan 80 kilometer per jam, sedang terjadi di Samudera Pasifik dan diperkirakan akan menerjang Filipina pada pengujung pekan ini,” kata Presiden Duterte dalam pertemuan kabinet usai meninjau kerusakan akibat terjangan Topan Goni dari udara. “Saat ini kekuatannya memang belum sekuat Topan Goni, namun Topan Atsani bisa menyebabkan kerusakan sejumlah infrastruktur,” imbuh dia.

Sebelum diterjang Topan Goni, Filipina terlebih dahulu disapu oleh Topan Molave. Sepanjang tahun ini, Filipina tercatat telah diterjang oleh sebanyak 18 topan dan hampir semua terjangan topan itu menimbulkan banjir dan tanah longsor yang turut merenggut korban jiwa.

Pada 2013 lalu, Filipina diterjang topan super Haiyan yang mengakibatkan sebanyak 6.300 orang tewas dan hilang. SB/CNA/I-1

 

 

 

What do you think?

Written by Julliana Elora

Asosiasi Islam Xinjiang Desak AS Hentikan Politisasi Agama

Filipina Akan Kembali Diterjang Topan