in

Foto Cerita : Saat Ayam Jago Menjaga Kampung dari Corona

Dua pria berompi merah nampak sibuk keliling kampung di jalan Kapten Abdulah, Lorong Mari RT 02 RW 01, Kelurahan Talang Bubuk, Kecamatan Plaju, Palembang, Sumatera Selatan.

.

Pundak mereka menggendong mesin pompa berbentuk kotak yang berisi cairan desifektan. Sesekali tuas yang ada dibagian kanan mesin terus diayun naik turun agar cairan yang keluar menjadi embun.

.

Setiap sudut rumah dan lorong-lorong tak luput dari semprotan mereka agar mencegah Covid-19 masuk ke perkampungan dan menulari warga. Maklum, semenjak pandemi virus asal negeri tirai bambu itu masuk ke Sumatera Selatan awal Maret 2020 sudah ratusan orang meninggal akibat terpapar. Sementara ribuan lainnya terinfeksi virus Corona.

.

Tak hanya menyemprotkan cairan desinfektan, relawan Covid-19 yang menamakan dirinya “Satgas Ayam Jago” (payo samo-samo jago tetanggo atau ayo bersama-sama saling menjaga tetangga)  ini pun membagikan handsanitizer serta memeriksa kesehatan seluruh warga kampung.

.

Setidaknya ada 20 orang relawan yang tergabung dalam “Satgas Ayam Jago” selalu melakukan penyemprotan desinfektan empat kali dalam sepekan yang dimulai sejak pukul 08.00WIB sampai pukul 10.00WIB.

.

“Tak ada honor, kami kerja ikhlas agar masyarakat tetap sehat,”kata Gilang salah satu anggota Satgas Ayam Jago, disela-sela aktivitasnya.

.

Satgas Ayam Jago merupakan gugus tugas paling terdepan yang berada di tingkat RW dan RT yang dibentuk melalui kerjasama CSR PT Pertamina (persero) Refinery Unit (RU) III Plaju bersama pihak Kelurahan Talangbubuk, Kecamatan Plaju kota Palembang yang melibatkan seluruh elemen masyarakat sekitar dengan tujuan untuk menanggulangi pandemi COVID-19.

.

Region Manager Communication, Relations & CSR Sumbagsel, Dewi Sri Utami, mengatakan, Satgas tersebut merupakan bentuk inovasi kelembagaan yang muncul dari kolaborasi antara masyarakat, pemerintah, dan Pertamina dalam upaya penanggulangan COVID-19.

.

“Ini sejalan dengan upaya Pertamina sebagai BUMN memiliki peranan bersama masyarakat menggerakan kesadaran akan pentingnya perilaku hidup bersih, sehat, menggunakan masker, dan patuh pada protokol kesehatan serta peduli terhadap kondisi kesehatan warga. Kami berupaya melahirkan para COVID Ranger tidak hanya di lingkungan internal perusahaan, tetapi juga di lingkungan warga sekitar,” kata Dewi.

.

Satgas Ayam Jago memiliki empat tugas yaitu, pendataan kesehatan masyarakat, memberikan penyuluhan dan sosialisasi terkait protokol kesehatan COVID-19.

.

Kemudian melakukan penyemprotan dan pembuatan hand sanitizer, faceshield, masker dan wastafel portable. Selanjutnya bagian distribusi yang bertugas  mendistribusikan bantuan yang datang agar bantuan tersebut tepat sasaran.

.

Foto dan Teks : Nova Wahyudi

What do you think?

Written by Julliana Elora

Output Manufaktur Industri Singapura Tumbuh 24,2 Persen pada September

Di saat petani menggantungkan harapan pada hilirisasi aspal karet