in

Gerhana matahari hibrida terlihat sebagian di Bengkulu

Kabupaten Kepahiang (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kepahiang menyebutkan bahwa gerhana matahari hibrida terlihat sebagian di Bengkulu.

“Gerhana matahari tersebut dimulai pada pukul 09.33 hingga 11.54 WIB dan puncak gerhana terlihat pada 10.41 WIB. Untuk di Bengkulu gerhana matahari terlihat sebagian,” kata Analis Gempa Bumi BMKG Kepahiang Sabar Ardiansyah saat di dikonfirmasi di Kabupaten Kepahiang, Kamis.

 

Ia mengatakan fenomena gerhana matahari terjadi setiap 8,8 tahun sekali atau sejak 2000 Sebelum Masehi (SM) hingga 3000 M sekitar 569 kali terjadi gerhana matahari hibrida.

 

Kasi Data dan Informasi Stasiun Klimatologi Pulau Baai Bengkulu Anang Anwar menambahkan bahwa peristiwa gerhana matahari total dan gerhana matahari cincin yang terjadi secara berurutan dalam satu fenomena gerhana cukup langka terjadi.

 

“Di Bengkulu, fenomena gerhana matahari hibrida tahun ini terjadi berupa gerhana matahari sebagian, sementara gerhana matahari cincin tidak dapat diamati,” ujarnya.

What do you think?

Written by Julliana Elora

Masinis Daop 7 Madiun dites urine

Dua Pelaku Ilegal Driling Ditangkap  Polda Sumsel